Makassar (ANTARA News) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Wagub Sulsel) Agus Arifin Numang mengingatkan agar komunitas pecinta alam khususnya yang tergabung dalam komunitas Mahasiswa Pencinta Alam Sultan Alauddin (Mapalasta) untuk menjaga kebersihan lingkungan alam bebas.

"Silahkan berkegiatan, tetapi jangan merusak lingkungan, dan jaga kebersihan lingkungan alam bebas," kata Agus saat membuka acara Mapalasta Prusiking Compotition (MPC) and Rope Challenge di Lapangan Karebosi Makasar, Rabu.

Dia juga berharap agar pencinta kegiatan alam bebas untuk mematuhi berbagai aturan main dalam beraktivitas agar selalu dalam kondisi "zero insident dan safety."

"Ingat keselamatan yang utama," imbuhnya.

Agus mengatakan ia dan Mapalasta memiliki kesamaan, yaitu keduanya adalah pencinta olahraga alam terbuka.

Agus dikenal gemar olahraga otomotif di medan ekstrem seperti offroad dan motocross dengan menjajal arena alam terbuka yang cukup menantang keberanian.

Sementara komunitas Mapalasta adalah kumpulan mahasiswa yang menggemari olahraga alam terbuka seperti panjat tebing dan mendaki gunung.

Dalam kesempatan itu Agus Arifin Numang membeberkan pengalamannya selama dalam menelusuri hutan dan pegunungan dengan melakukan kegiatan offroad ataupun dengan menggunakan motocross.

Dia mengakui kalau dirinya bersama offroader lainnya yang tergabung dalam Indonesian Offroad Federation (IOF) sering terjebak dan harus berani rmalam di alam bebas atau di tengah hutan belantara.

(T.KR-NJP/S036)

Pewarta: Nurhaya J. Panga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017