Jakarta (ANTARA News) - Hak Angket KPK yang digulirkan DPR hingga persoalan Cak Budi menjadi dua dari lima berita menarik kemarin. Berikut rangkuman lengkapnya:

1. Presiden Jokowi : semua media berperan tanggulangi Hoax

Presiden Joko Widodo mengatakan seluruh media berperan besar untuk menanggulangi berita gurauan "hoax news" maupun ujaran kebencian yang kerap disebarkan melalui media sosial.

"Ya mestinya, baik media mainstream maupun media online, mestinya itu meluruskan kalau ada berita-berita yang tidak benar, ada berita-berita yang bohong, ada hoax, ada ujaran-ujaran yang tidak baik, sehingga masyarakat menjadi tercerahkan oleh pelurusan itu," kata Jokowi.

Presiden berharap media bisa bermanfaat sebagai penyaring. Selengkapnya di sini



2. Soal Hak Angket, DPR punya waktu 60 hari

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menilai ada tenggat waktu 60 hari setelah hak angket diputuskan dalam Rapat Paripurna untuk ditindak lanjuti dengan membentuk Panitia Khusus sehingga kalau lewat waktunya maka hak tersebut bisa gugur.

"Setelah 60 hari lewat maka otomatis Hak Angket KPK tidak bisa dilaporkan ke Rapat Paripurna, artinya gugur," kata Taufik.

Selengkapnya di sini



3. Aksi 5 Mei, Polda Metro siapkan 15.000 personel

Pihak Polda Metro Jaya menyiapkan 15.000 personil guna mengamankan aksi "long march" massa Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) pada Jumat (5/5).

"Kita tunggu perkembangan intelijen nanti kalau harus tambah pasukan bisa dari polda lain," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono.

Argo menghimbau masyarakat menjaga keamanan dan keteriban selama aksi berjalan. Selengkapnya di sini.   



4. Twitter punya Twitter Lite, begini cara pakainya

Twitter baru saja meluncurkan versi ringan, Twitter Lite, untuk pasar yang mengalami kendala koneksi dan memori di ponselnya.

"Aplikasi Android rata-rata 50MB. Twitter Litte kurang dari 1Mb, untuk orang yang punya memori penyimpanan terbatas," Kepala Pengembangan Bisnis Twitter Asia Tenggara dan Australia, Dwi Adriansah, saat peluncuran di Jakarta, Rabu.

Twitter Lite berbasis website sehingga pengguna tidak perlu memasang aplikasi di ponsel maupun komputer. Pengguna dapat membuka mobile.twitter.com, lalu log in ke Twitter seperti biasa dengan memasukkan nama pengguna dan kata kunci. Selengkapnya di sini



5. Cak Budi dan fenomena penggalangan donasi online

Baru-baru ini aktivis sosial Cak Budi menjadi perbincangan di media sosial, karena dikabarkan membeli iPhone 7 dan mobil Toyota Fortuner dari uang donasi yang ia kumpulkan.

Akun Instagram @cakbudi_ dikenal sebagai akun yang kerap menggalang dana bantuan sosial. Berdasarkan pengakuannya, terdapat donasi yang terkumpulkan senilai Rp1,2 miliar (560 juta donasi ke rekening pribadi, terlampir + 700 juta donasi ke halaman Kitabisa) yang belum disalurkan.

Ia pun mengakui telah menggunakan uang donasi untuk pembelian iPhone 7, yang menurutnya digunakan untuk mengambil foto dan video dari para penerima hak dan lokasi yang dikunjungi. Lantas bagaimana kisah selanjutnya? selengkapnya di sini

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017