Rabu, 28 Juni 2017

Dubes apresiasi acara Diaspora Indonesia di Inggris

| 2.546 Views
Dubes apresiasi acara Diaspora Indonesia di Inggris
Rizal Sukma. (rsis.edu.sg)
London (ANTARA News) -Dubes RI untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia Dr. Rizal Sukma, sangat mengapresiasi acara yang diadakan Diaspora Indonesia di Inggris ataupun pelajar yang tergabung dalam PPI UK karena tidak mungkin mempromosikan Indonesia khususnya berbagai obyek pariwisata yang ada hanya dilakukan oleh Kedutaan Indonesia di Inggris.

Hal itu disampaikan Dubes saat membuka Wonderful Indonesia, Top 10 Tourism Destination menjadi bagian dari acara Bristol Indonesian Society mempromosikan Indonesia di wilayah Bristol dan Southwest, demikian Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI London, Dethi Silvidah Gani kepada Antara London, Kamis.

Dalam sambutan pada pembukaan acara yang dihadiri Presiden Indonesia Diaspora Network Ebet Litaay, Dubes DR Rizal Sukma menyampaikan apresiasi atas inisiatif masyarakat Indonesia, yang diwakili Bristol Indonesian Society (BIS) mengelar acara yang memberikan eksposur tentang Indonesia di Bristol, khususnya objek wisata di Indonesia.

Diharapkannya masyarakat Indonesia di luar negeri, termasuk warga negara Indonesia, pelajar dan diaspora dapat memberikan dukungan kepada KBRI London dalam menjembatani kepentingan pemerintah Indonesia ke Inggris Raya dan sebaliknya.

Acara dimeriahkan dengan penampilan kelompok gamelan Bristol dan Gamelan Candra Gita Suara Universitas Playmouth serta penari Ekadamayanti, KBRI juga ikut memberikan layanan konsuler kepada warga negara Indonesia yang tinggal di Bristol, Bath, Devon, Yeovil, Taunton, dan Wales.

Sekitar 25 peserta menerima layanan konsuler, mulai dari lapor diri hingga paspor dan konsultasi mengenai masalah konsuler. Selain layanan kepada warga negara Indonesia, KBRI memberikan layanan permintaan visa ke orang asing.

Sekretaris II Fungsi Protokol dan Konsuler, Anisa Farida, menyampaikanpresentasi tentang hak dan kewajiban warga negara Indonesia di luar negeri dan layanan masyarakat mencakup topik tentang ijin tinggal dan cara melindungi diri dari kegiatan kriminal, seperti penipuan .

Sementara itu Dande Dibiarma Darmawan mewakili diaspora Indonesia di London disebut Perantau Indonesia UK dan Republik Irlandia (PERIUK- ROI) mengatakan Periuk mendukung kegiatan berbagai kelompok yang mewakili Indonesia. Masyarakat Indonesia di Bristol menjadi tuan rumah saat ini, adalah salah satu contoh.

Dikatakannya proyek yang dilancarkan Periuk yaitu menyebarkan buku sumbangan warga Inggris dan Irlandia untuk dikirim ke Indonesia. Cinta membaca adalah kegiatan pendidikan yang ingin dipromosikan dan Periuk berkomitmen menjadikan bagian proyek keberlanjutan. Jika ada yang memiliki buku jangan ragu menyumbangkannya, demikian Dande Dibiarma Darmawan.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga