Jakarta (ANTARA News) - Belum sempat keliling Indonesia? Di sini setidaknya lidah bisa diajak "mengunjungi" Nusantara lewat ragam hidangan dengan rasa otentik.

Restoran Senyum Indonesia di Jalan Teluk Betung No.45, Jakarta Pusat menyajikan kuliner dari pelosok Tanah Air, hasil kurasi Kimberly Ananto.

"Selama tiga tahun saya keliling Indonesia, mencoba makanan khas dari berbagai daerah. Saya berusaha bawa keaslian dari tempat aslinya ke restoran ini," kata Kimberly, food curator Senyum, dalam pembukaan di Jakarta, Jumat (5/5) petang.

Ada dua kategori menu yang bisa dipesan di sini, yakni makanan tradisional yang sudah familier alias Indonesian Comfort Food dan hidangan yang belum banyak dikenal masyarakat. 



Asinan, pempek dan ketan bumbu Cirebon (ANTARA News/ Nanien Yuniar)

Demi menjaga keaslian rasa, ada bumbu atau makanan  diboyong langsung dari daerah yang bersangkutan. Mereka bekerjasama dengan produsen makanan dari berbagai pelosok nusantara. 

"Seperti pempek, diterbangkan langsung dari Palembang," katanya.

Setiap bulan menu di restoran ini akan diganti sehingga pengunjung bisa menyantap makanan dari daerah yang bervariasi.

Beberapa menu yang disajikan adalah asinan Betawi, ketan bumbu dari Cirebon serta pempek Palembang. 


Nasi Bali (ANTARA News/ Nanien Yuniar)

Menu utama terdiri dari nasi Bali berisi sate lilit, sambal matah dan suwiran ayam betutu. Semua bumbunya punya rasa kuat, serba gurih dan pedas.

Nasi Pekalongan (ANTARA News/ Nanien Yuniar)

Ada juga nasi Pekalongan yang dilengkapi dari cumi hitam serta megono alias cacahan nangka muda yang ditumis dengan kecombrang. 

Untuk melegakan dahaga, tersedia teh manis berisi irisan jeruk alias teh kampul. Minuman soda Badak alias sarsaparila juga dapat dinikmati di sini.

Harga makanan di restoran ini berkisar Rp50.000 hingga Rp150.000.

"Kami ingin agar makanan Indonesia bisa dinikmati semuanya, tidak hanya golongan tertentu," imbuh Kimberly.


Senyum mengusung konsep yang memadukan kuliner, seni dan budaya dalam satu lokasi.

Selain menikmati hidangan, pengunjung juga dimanjakan dengan keindahan lukisan Syahrizal Pahlevi, Wara dan Sri Harjanto Sahid yang menghiasi seisi restoran. 

Lukisan-lukisan yang dipamerkan di sana adalah hasil kurasi dan akan berganti tiap tiga bulan sekali. Para seniman muda punya kesempatan mengajukan karya mereka untuk dipamerkan di sana.

Di lantai dua ada concept store bernama Something Academic berisi produk Indonesia, mulai dari furnitur, produk kecantikan, fashion hingga vinyl musik. 

Hadir pula koleksi kain tradisional Indonesia yang diberi sentuhan nuansa modern, salah satunya batik yang menghiasi kain kashmir.


Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017