Senin, 25 September 2017

Karena air kunci pertanian, Jokowi bangun 49 waduk besar

| 10.920 Views
Karena air kunci pertanian, Jokowi bangun 49 waduk besar
Presiden Joko Widodo (ANTARA/Biro Pers Setpres-Laily Rachev)
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo memastikan infrastruktur pertanian mulai waduk, embung, hingga irigasi sekunder dan tersier akan dibangun berkelanjutan demi menjamin ketersediaan air yang memadai untuk pertanian. Untuk itu saat ini pemerintahan Jokowi tengah membangun 49 waduk besar baru.

"Pertanian itu kuncinya di air, kalau airnya enggak ada, dari mana kita mau menanam?" kata Presiden Jokowi saat membuka Pekan Nasional Petani Nelayan ke-15/2017 di Stadion Harapan Bangsa, Gampong Lhong Raya, Banda Aceh, Sabtu.

Menurut Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa pemerintah tengah membangun 49 waduk besar yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

"Banyak sekali, tapi yang paling banyak di Nusa Tenggara Timur karena di situ sangat membutuhkan," kata Presiden.

Presiden juga telah memerintahkan Menteri Pertanian dan  Menteri Desa untuk membangun embung-embung kecil. "Target kita tahun ini 30 ribu embung harus jadi," tegas Jokowi.

Pemerintah menjanjikan pembangunan irigasi sekunder dan tersier akan tuntas pada 2017 sebagaimana yang dijanjikan Menteri Pertanian Amran Sulaiman tiga tahun lalu.

"Bagaimana masalah irgasi sekunder, tersier? Menteri Pertanian menyampaikan sampai saat ini sudah mencapai tiga juta hektare. Saya belum menghitung, Pak Menteri sudah menghitung. Kalau kurang, awas," kata Jokowi.


Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga