Berlin (ANTARA News) - Borussia Dortmund mengatasi Hoffenheim 2-1, Sabtu malam ini, sehingga naik ke posisi tiga klasemen Bundesliga dengan dua pertandingan tersisa. Kemenangan ini adalah langkah besar untuk mengamankan satu jatah fase grup Liga Champions musim depan.

Gol dini dari Marco Reus dan satu lainnya dari Pierre-Emerick Aubameyang mengantarkan Dortmund mengumpulkan 60 poin atau dua poin di atas Hoffenheim yang menempati peringkat empat. Satu gol lawan tercipta dari titik penalti.

RB Leipzig, peringkat kedua klasemen dengan koleksi 63 poin, juga bertanding hari ini melawan tuan rumah Hertha Berlin.

Juara liga musim ini Bayern Muenchen yang sudah memastikan gelar pekan lalu, mengalahkan tim papan bawah Darmstadt 98 dengan 1-0 sehingga klub terpental ke divisi dua.

Dengan iming-iming 12 juta euro untuk peringkat ketiga dalam klasemen dan peringkat keempat mesti memasuki babak kualifikasi Liga Champions yang riskan, Dortmund tampil dominan sejak awal.

Reus membawa mereka unggul pada menit keempat, padahal sudah jelas offside, yang menceploskan bola di antara dua kaki penjaga gawang Oliver Baumann.

Aubameyang semestinya menggandakan kedudukan 10 menit kemudian ketika Dortmund dihadiahi tendangan penalti akibat hand ball yang juga keputusan kontroversial wasit. Reus justru yang pertama mengontrol bola dengan tangan sebelum menyentuhkannya kepada salah satu tangan pemain lawan. Wasit Felix Brych tak ayal memberikan hadiah penalti yang memicu protes para pemain tim tamu.

Aubameyang lalu mengeksekusi tendangan penalti ini, namun gagal sehingga tim tamu bernafas lega.

Reus nyaris menciptakan gol sensasional pada babak kedua namun Baumann sigap mementahkannya. Tapi Baumann tak bisa berbuat apa-apa ketika Aubameyang melepaskan tendangan dari jarak dekat sehingga pemain Timnas Gabon ini menyamai perolehan top skorer Robert Lewandowski dengan 28 gol.

Hoffenheim mendapat satu gol dari titik penalti pada menit 86 lewat Andrej Kramaric, demikian Reuters.

Hasil pertandingan Bundesliga, Sabtu malam ini:

Bayern Muenchen 1, SV Darmstadt 0
Borussia Dortmund 2, Hoffenhein 1
Borussia Monchengladbach 1, Augsburg 1
Eintracht Frankfurt 0, Wolfsburg 2
FC Ingolstadt 1, Bayer Leverkusen 1

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017