Jakarta (ANTARA News) - Studi baru menunjukkan bahwa anak bungsu merasa mereka paling jenaka di antara kakak-kakaknya. Survey YouGove mengeksplorasi karakteristik itu dari 1.783 orang dewasa Inggris dengan melihat bagaimana mereka menilai aspek-aspek yang berbeda dari kepribadiannya.

Hasilnya, 46 persen partisipan yang merupakan anak terakhir menganggap mereka paling jenaka, hanya 36 persen anak yang lebih tua berpikir seperti itu.

Orang-orang di balik riset mengungkapkan alasannya, anak pertama cenderung terbebani dengan tanggung jawab yang tidak dirasakan adik-adiknya. Sebagai hasilnya, 54 persen orang yang punya adik mengaku merasa lebih bertanggungjawab, hanya 31 persen anak bungsu yang merasakannya.

Meski 47 persen anak bungsu dikabarkan lebih mudah bergaul, kesuksesan lebih berpihak pada anak tertua, 38 persen mengatakan mereka lebih sejahtera ketimbang adiknya.

Dilansir Independent, peneliti menjelaskan: "Pada batas tertentu, usia lebih berpengaruh pada perbedaan karakteristik ketimbang dinamika keluarga. Anak yang lebih tua, lebih berpengalaman dalam hidup, cenderung mengatakan mereka lebih sukses ketimbang adik-adiknya."

"Tapi tak disangkal ada pengaruh dari keluarga, perhatian orangtua berpindah ke anak yang lebih muda, dan anak-anak sulung harus belajar mandiri. Sebagai buktinya, anak-anak sulung cenderung merasa lebih rapi dan bisa membuat prioritas dalam hidupnya."

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017