Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Palang Merah Indonesia (PMI) untuk siap membantu negara lain yang tertimpa musibah bencana alam maupun kemanusiaan.

"Tugas PMI berikutnya adalah siap membantu negara lain karena kita juga telah banyak dibantu mereka saat tsunami Aceh, gempa Jogja, dan sebagainya," kata Jusuf Kalla di Kantor PMI DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin.

Wapres hadir selaku ketua umum PMI pusat untuk melantik 17 anggota dewan kehormatan dan pengurus PMI DKI Jakarta periode 2017-2022.

"Apakah itu Kamboja, Myanmar, Filipina, Pakistan, agar bangsa kita tidak hanya tangan di bawah tapi juga tangan di atas," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga mengingatkan para relawan PMI untuk senantiasa berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Indonesia.

"Unsur kita menjalankan tugas adalah kemanusiaan, tanpa membeda-bedakan agama, suku, ras, dan sebagainya, lalu kemandirian tanpa tergantung pemerintah atau pihak lain, dan universal," kata dia.

Terpilih sebagai ketua Dewan Kehormatan PMI DKI Jakarta adalah puteri mantan Presiden Soeharto, Siti Hediati Hariyadi, dan Ketua Pengurus PMI DKI Jakarta Muhammad Ali Reza.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut, antara lain gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan, mantan Ketua Pengurus PMI DKI Jakarta Rini Sutiyoso, dan puteri sulung mantan Presiden Soeharto Siti Hardiyanti Rukmana.


Baca juga: (JK dan Anies hadiri pelantikan pengurus PMI DKI Jakarta)

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017