Barcelona (ANTARA News) - Lewis Hamilton mengukir waktu tercepat pada latihan untuk Grand Prix Spanyol pada Jumat, ketika tim juara bertahan Formula 1 Mercedes merespon tantangan dari Ferrari dengan peningkatan-peningkatan di sektor aerodinamis.

Dengan kondisi kejuaraan yang cukup seimbang setelah empat balapan, Mercedes tampil di Circuit de Catalunya dengan mobil yang merevisi sejumlah fitur dan mampu menarik perhatian orang-orang di sekitar paddock, lapor Reuters.

Kelihatannya ini sesuai dengan apa yang disukai sang juara tiga kali Hamilton, di mana pebalap Britania ini menorehkan catatan waktu terbaik yakni satu menit 21,521 detik dengan menggunakan ban-ban medium.

Catatan itu 0,029 detik lebih cepat daripada yang diukir rekan setimnya asal Finlandia Valtteri Bottas, namun nyaris unggul satu detik atas pebalap Ferrari Kimi Raikkonen yang menghuni posisi ketiga pada pagi yang cerah.

Pemuncak klasemen Sebastian Vettel berada di posisi keempat namun tertinggal 1,079 detik, di mana pebalap Jerman itu menderita masalah-masalah awal yang menimpa mobil Ferrarinya saat keluar pitlane.

"Ada sesuatu yang rusak," kata pebalap Jerman, yang memimpin 13 angka atas Hamilton, melalui radio tim. "Ada masalah dengan gearbox."

Mobil itu harus didorong kembali ke garasi dan Vettel baru terlihat kembali berada di trek lebih dari setengah jam kemudian.

Juara dunia dua kali asal Spanyol Fernando Alonso menderita lebih banyak masalah, di mana mobil McLarennya kembali mogok sebelum ia akhirnya mampu mencatatkan waktu.

McLaren menyalahkan kebocoran oli dari mesin Honda, buktinya adalah cairan yang keluar dari mobil saat mobil tersebut diderek.

"Mesin meledak setelah satu tikungan. Itulah yang terjadi, kami melewatkan sesi pertama. Saya meminta maaf kepada para penggemar," kata pebalap Spanyol itu, yang gagal untuk start pada balapan sebelumnya di Rusia karena mogok pada "formation lap."

"Mudah-mudahan pada sesi kedua dapat lebih baik dan kami memperbaiki catatan waktu. Ini sulit namun ini lebih sulit untuk McLaren, yang melakukan perbaruan-perbaruan saat berusaha untuk menemukan keunggulan beberapa milidetik di sini dan kami bahkan tidak dapat melaju."

Alonso akan langsung berlaga di Indianapolis setelah balapan Minggu, absen pada Grand Prix Monaco sehingga ia dapat mengikuti Indy 500 di hari yang sama.

Mengenai penampilan tim saat ini, hal itu akan menjadi kelegaan -- di mana sosok badut di paddock ini masih bingung ajang olahraga apa lagi yang mungkin akan diikutinya untuk menunda kembalinya. Wimbledon barangkali?

Sang pebalap, yang merupakan pengguna aktif media sosial, mengunggah foto di instagram dengan menampilkan dirinya di lapangan tenis.

Pebalap Red Bull Max Verstappen, yang merupakan pemenang tahun lalu di Spanyol saat melakukan debutnya untuk tim, menjadi pebalap tercepat urutan kelima dengan mengungguli rekan setimnya yang berasal dari Australia Daniel Ricciardo. Tim juga berharap dapat melakukan langkah besar dengan peningkatan sektor aerodinamis.

Pebalap Haas Kevin Magnussen menduduki urutan ketujuh, sedangkan rekan setimnya asal Spanyol Romain Grosjean di posisi kedelapan.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017