... pelajaran masa lalu yang harus kita ingat, ketika pemerintah diberhentikan di tengah jalan seperti pada masa Presiden Gus Dur. Hal ini yang harus harus dihindari...
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, di Jakarta, Sabtu, menyatakan, "Pembangunan membutuhkan situasi kondusif."

Situasi politik menjelang dan sesudah Pilkada DKI Jakarta 2017, kata dia, tampaknya memberikan kontribusi pada meningkatnya suhu politik nasional.

"Hal ini juga dimanfaatkan oleh mereka yang sengaja membentur-benturkannya, sehingga situasi menjadi tidak kondusif," katanya.

Menurut dia, bangsa Indonesia harus belajar dari sejarah. Pada saat Indonesia dipimpin Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), ada yang sengaja menjalankan agenda untuk mengganggu Gus Dur.

"Ada pelajaran masa lalu yang harus kita ingat, ketika pemerintah diberhentikan di tengah jalan seperti pada masa Presiden Gus Dur. Hal ini yang harus harus dihindari," kata Iskandar.

Karena itu, PKB mengajak seluruh partai politik, elemen masyarakat dan elemen bangsa tetap berkomitmen mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo sampai 2019.

Iskandar menenggarai ada pihak yang membentur-benturkan Jokowi dengan partai politik, Wakil Presiden, Jusuf Kalla, dan elemen lain bangsa.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017