Bengkulu (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) jenjang sekolah dasar di SD Negeri 20 dan SD Negeri 76 Kota Bengkulu.

"Saya pesan kepada adik-adik kerjakan ujian dengan jujur. Jangan nyontek ya," kata Mendikbud saat meninjau pelaksanaan USBN di SD Negeri 20 Kota Bengkulu, Senin.

Pelaksanaan USBN berlangsung mulai 15 hingga 17 Mei 2017. Pada hari pertama mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia.

Sedangkan pada hari kedua mata pelajaran Matematika, dan hari terakhir adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

"Adik-Adik kita di SD ini merupakan bibit-bibit yang harus ditanamkan penguatan karakter. Prestasi itu penting, tetapi utamakan kejujuran" ujar Menteri.

Oleh sebab itu Menteri meminta para guru membantu menanamkan nilai-nilai kejujuran yang dimulai dari pelaksanaan ujian sekolah.

Di SD Negeri 20 Kota Bengkulu, ujian diikuti oleh 103 siswa kelas 6, dengan menggunakan enam ruang kelas. Selanjutnya untuk pelaksanaan ujian di SD Negeri 76 Pekan Sabtu Kota Bengkulu diikuti oleh 99 siswa, dengan menggunakan lima ruang kelas.

"Saya berharap pelaksanaan ujian sekolah ini dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala. Tanamkan semangat integritas yang baik kepada anak-anak kita sebagai penerus bangsa," ucapnya.

Kunjungan kerja Mendikbud ke Bengkulu juga untuk membuka Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) 2017 yang diikuti ratusan pelajar SMA se-Tanah Air.

Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017