SPBG Klender ini memiliki kapasitas sebesar satu juta kaki kubik per hari (MMSCFD) dengan dilengkapi dua unit NGV (natural gas vehicle) dispenser dan satu unit trailer dispenser
Jakarta (ANTARA News) - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) menambah satu stasiun bahan bakar gas (SPBG) di Klender, Jakarta Timur.

Direktur Komersial PT Gagas Energi Indonesia Dian Kuncoro dalam rilis di Jakarta, Senin mengatakan peresmian pengoperasian SPBG tersebut bertepatan di Hari Ulang Tahun PGN ke-52.

"Tambahan satu unit SPBG ini merupakan salah satu kado HUT PGN ke-52 dan bentuk komitmen kami untuk terus mengembangkan infrastruktur gas bumi di Tanah Air," katanya.

Gagas Energi merupakan anak usaha PGN di bidang pemanfaatan gas bumi dalam bentuk terkompresi (compressed natural gas/CNG), gas alam cair (liquified natural gas/LNG) dan lainnya.

Menurut Dian, SPBG yang berlokasi di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur tersebut merupakan SPBG ke-11 yang dibangun dan dioperasikan PGN.

"SPBG Klender ini memiliki kapasitas sebesar satu juta kaki kubik per hari (MMSCFD) dengan dilengkapi dua unit NGV (natural gas vehicle) dispenser dan satu unit trailer dispenser," katanya.

NGV dispenser digunakan untuk melayani kendaraan transportasi.

Sedangkan trailer dispenser digunakan untuk melayani pelanggan industri dan komersial.

"Selain SPBG, kami juga mengoperasikan empat mobile refueling unit (MRU). SPBG dan MRU ini tersebar di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera dan Kepulauan Riau," ujarnya.

Dian menambahkan pembangunan SPBG merupakan salah satu bentuk komitmen PGN mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) khususnya di sektor transportasi sesuai amanat Peraturan Menteri ESDM Nomor 25 Tahun 2017 tentang Percepatan Pemanfaatan Bahan Bakar Gas untuk Transportasi Jalan.

"Kami akan tetap berkomitmen membangun infrastruktur gas bumi nasional. Saat ini kami sedang mengembangkan infrastruktur SPBG dengan membangun dan mengoperasikan SPBG di wilayah Cilegon dan Serang," kata Dian.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017