Makassar (ANTARA News) - Pengurus Provinsi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sulawesi Selatan mengatakan siap melaksanakan kejuaraan Daihatsu-Astec Open di GOR Dafets Makassar, Sulsel, 12-15 Juli 2017.

Ketua PBSI Sulsel, Devo Khaddafi di Makassar, Senin, menyatakan untuk pelaksanaan kali ini siap mempertandingkan sejumlah kelas atau kategori.

"Seperti kategri usia dini tunggal putra/putri (U-11), anak-anak tunggal putra/putri (U-13), pemula tunggal dan ganda putra putri (U-15), Remaja tunggal putra putri (U-17) serta taruna tunggal dan ganda putra putri (U-19) dan kategori veteran ganda," katanya.

Mengenai pelaksanaan 2017 ini, dirinya mengaku percaya diri bisa kembali mendapatkan banyak bibit atlet yang bisa memperkuat Sulsel kedepan.

Untuk proses pendaftaran, pihaknya mengaku sudah membuka secara online website PBSI yakni si.pbsi.or.id. Pihaknya akan membuka pendaftaran hingga 29 Juni 2017.

"Selanjutnya untuk undian grup kita laksanakan 3 Juli dan manager miting pada 11 Juli 2017. Kami berharap seluruh atlet bisa memanfaatkan waktu ini untuk segera mendaftarkan diri. Untuk biaya pendaftaran yakni tunggal (Rp100.000), ganda (Rp150.000) serta veterana sebesar Rp200.000," katanya.

Mengenai penunjukan Sulsel sebagai tuan rumah, dirinya mengaku menyambut baik. Apalagi Sulsel memang membutuhkan banyak kejuaraa untuk memberikan rangking bagi setiap atlet sebelum menetapkan atlet yang menjadi wakilnya di kejuaraan nasional hingga internasional.

"Jadi pada 2017 itu tidak ada lagi seleksi umum atau terbuka untuk mencari atlet yang akan kita turunkan mengikuti kejuaraan nasional. Kita akan terus fokus untuk mensosialisasikan sekaligus laksanakan sistem rangking ini kesetiap pengcab," katanya.

Untuk menentuan rangking setiap atlet, kata dia, tentu akan dilihat dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan seperti mengelar sparing antar atlet hingga menggelar berbagai kejuaraan daerah.

Selain itu, hitungan rangking juga akan melihat pencapaian atlet ketika berksempatan tampil di kejuaraan nasional. Artinya jika bisa meraih hasil maksimal maka peluang untuk kembali mewakili Sulsel di ajang nasional kedepan.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017