Jakarta (ANTARA News) - Ketua Ketua Bidang Rekruitmen Hakim Komisi Yudisial (KY) Maradaman Harahap menyebutkan terdapat dua orang hakim perempuan yang lolos seleksi kualitas calon hakim agung (CHA) pada tahun ini.

"Dari 29 CHA yang lolos, ada dua orang perempuan dan 27 orang laki-laki," kata Maradaman di Gedung KY, Jakarta, Senin.

Dua orang perempuan itu dikatakan oleh Maradaman berprofesi sebagai hakim karier. Kedua calon tersebut adalah Reny Halida Ilham Malik dan Azizah Bajuber.

Reny adalah hakim ad hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Tingkat Banding pada Pengadilan Tinggi Jakarta, sementara Azizah saat ini menjabat sebagai hakim tinggi Badan Pengawas Mahkamah Agung RI.

"Dari empat kamar yang tersedia, hanya delapan calon perempuan dari awalnya 88 orang pendaftar, semuanya lolos administrasi. Akan tetapi, yang lolos (seleksi) tahap dua hanya dua orang," kata Maradaman.

Berdasarkan kamar yang dipilih, sebanyak 10 orang lolos seleksi kualitas di Kamar Perdata, enam orang lolos seleksi kualitas di Kamar Pidana, dua orang lolos seleksi kualitas di Kamar Tata Usaha Negara, sembilan orang lolos seleksi kualitas di Kamar Agama, dan dua orang lolos seleksi kualitas di Kamar Militer.

Dalam melakukan penilaian seleksi kualitas, kata Maradaman, KY dengan tim teknis menggunakan instrumen meliputi pembuatan karya tulis di tempat.

Seleksi tersebut untuk mengisi kekosongan enam jabatan hakim agung di Mahkamah Agung (MA) yang terdiri atas satu orang Kamar Pidana, dua orang Kamar Perdata, satu orang Kamar Agama, satu orang Kamar Militer (berasal dari militer), dan satu orang Kamar Tata Usaha Negara (yang memiliki keahlian hukum perpajakan).

(T.M048/D007)

Pewarta: Maria Rosari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017