Hanoi (ANTARA News) - Produk Domestik Bruto (PDB) negara-negara yang tergabung dalam forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) diperkirakan akan meningkat 3,8 persen pada periode 2017-2018, lebih tinggi dari pertumbuhan global.

Perkiraan tersebut dirilis dalam Analisis Tren Regional APEC terbaru yang bertemakan "Globalisasi: Yang Baik, Buruk, dan Peran Kebijakan" yang diluncurkan oleh Unit Dukungan Kebijakan APEC (PSU) di Hanoi, Rabu.

Dr. Denis Hew, direktur PSU APEC, mengatakan pada peluncuran analisis tersebut bahwa pada 2016, pertumbuhan ekonomi APEC mencapai 3,5 persen, mengalami sedikit penurunan dibandingkan dengan 3,6 persen di tahun sebelumnya.

Sementara pada 2019, PDB APEC akan tumbuh 3,7 persen, tetap sama dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi global.

Para peserta pada peluncuran tersebut juga membahas topik-topik seperti penilaian isu perdagangan dan globalisasi di Vietnam dan di seluruh wilayah APEC, serta perkiraan pertumbuhan dan perdagangan APEC yang baru, serta implikasi kebijakan, demikian Xinhua.



Negara-negara yang tergabung dalam APEC mencakup sekitar tiga miliar orang, setengah dari perdagangan global dan 60 persen dari PDB dunia.

(UU.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017