Jakarta (ANTARA News) - Menyambut ulang tahun kota Jakarta yang ke-490, Festival Jakarta Great Sale (FJGS) akan kembali dilaksanakan pada 2 Juni hingga 12 Juli 2017.

Digelar ke-9 kalinya, FJGS menawarkan hal-hal baru. Selain menggabungkan pasar tradisional dan pasar modern yang telah dimulai tahun lalu, tahun ini untuk pertama kalinya FJGS menggandeng sejumlah hotel di Jakarta.

"Ada yang berbeda dari sebelumnya, peserta Festival Jakarta Great Sale terdiri dari 81 pusat belanja dengan 40 pasar tradisional yang mengalami lonjakan 100 persen dati tahun sebelumnya," kata Ellen Hidayat Ketua Pelaksana FJGS 2017 dalam temu media di Jakarta, Kamis.

"Diadakan sembilan kalinya akhirnya berhasil melakukan kolaborasi dengan Jakarta Hotel Association (JHA) karena seusuaty kegiatan yang menyangkut sale atau diskon bukan hanya dimiliki retailer atau pusat belanja atau pasar tapi juga hotel," sambung dia.

Makin banyak pasar yang terlibat, menurut Direktur PD Pasar Jaya Arief Nasrudin, merupakan usaha pemerintah untuk mengajak masyarakat kembali ke pasar.

"Kami akan fokus pada sembilan bahan pokok yang berpotensi mengalami inflasi," ujar Arief.

Panitia membuat metode khusus bagi para pembeli di pasar tradisional agar dapat mengikuti undian hadiah FJGS yang berupa peralatan rumah tangga seperti televisi dan lemari es.

"Panitia membuat suatu metode yang boleh dikatakan tradisional dengan kupon belanja 100 ribu kupon diisi nomor HP, identitas, dirobek, masukkan ke kotak, diundi pada saat mengundi shoppercard," ujar Ellen.

"Ini tidak hanya sekedar selebrasi suatu festival, bukan hanya belanja dengan harga murah tapi juga kegembiraan bukan hanya belanja di pusat perbelanjaan dan hotel, tapi juga pasar tradisional," lanjut dia.

Sementara itu, 12 hotel berbintang empat dan berbintang lima diantaranya Aryaduta, Millenium Hotel, Alila Jakarta dan Hotel Indonesia Kempinski, akan memberikan penawaran berbeda kepada para tamu yang datang.

Tamu cukup meminta harga khusus mulai dari diskon room sampai diskon dine-in FJGS. Tamu hotel juga berhak mendapat shopper card untuk berkesempatan mendapatkan hadiah dari FJGS.

"Tidak perlu stay, makan juga bisa, dine-in di restoran juga termasuk partisipasi dalam Festival Jakarta Great Sale," kata Richard S. Mau Vice Chairman dari Jakarta Hotel Association (JHA).

Festival Jakarta Great Sale diharap mampu menarik minat wisatawan ke Jakarta.

"Salah satu yang jadi unggulan Jakarta adalah pusat perbelanjaan. Kita memiliki tempat belanja sangat lengkap dari kelas bawah, middle up sampai high end," ujar Catur Laswanto Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

"Jakarta beda dengan daerah lain yang mungkin unggul dalam kekayaan alam. Jakarta sebagai kota metropolitan keunggulannya adalah pusat perbelanjaan," tambah dia.

Seperti tahun sebelumnya, FJGS 2017 juga akan mengadakan midnight sale yang diikuti oleh 27 pusat perbelanja. Jumlah ini meningkat 3 partisipan dari tahun lalu.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017