Jakarta (ANTARA News) - Markas Besar Polisi Republik Indonesia (Mabes Polri) melalui Pusat Kedokteran Kesehatan (Pusdokkes) Polri secara resmi mengadakan kerjasama sinergi layanan kesehatan bersama Siloam Hospitals Group sebagai salah satu rumah sakit swasta terlengkap di Indonesia. 

Penandatangan Mou ini dilakukan kedua belah pihak yaitu Kepala Pusat Kedokteran Kesehatan Polri, Brigadir Jenderal Polisi dr. Arthur Tampi dan dr. Anang Prayudi selaku Direktur Siloam Hospitals Group di Jakarta, Rabu (17/5).

Kapusdokkes Polri, Brigjen Polisi dr. Arthur Tampi dalam keterangannya di Jakarta, Kamis mengatakan, sinergi layanan kesehatan bersama Siloam Hospitals Group perlu dilakukan berdasarkan pengalaman, fasilitas dan kinerja Siloam sebagai pihak rumah sakit swasta yang memiliki fasilitas lengkap dan telah memiliki 26 Rumah Sakit Umum dan fasilitas khusus di beberapa kota besar dan di sejumlah Propinsi.

"Siloam adalah mitra terbaik bagi Polri guna ikut mendukung layanan kesehatan dan sebagai wadah berbagi informasi baik secara teknis dalam lingkup ilmu kesehatan. Saya ambil contoh, Polri memiliki 450.000 anggota beserta keluarga besarnya  yang tersebar di penjuru Indonesia. Sedangkan Polri hanya memiliki 46 rumah sakit yang dominan bertipe C atau tipe D. Karena itu dengan adanya sinergi ini, diharapkan layanan kesehatan yang sifatnya khusus  segera ditangani dapat kita selesaikan bersama pihak Siloam," ungkap Arthur Tampi menjelaskan.

Perwira Tinggi dengan Bintang Satu ini kembali memberi contoh akan layanan sifat khusus yang harus segera ditangani adalah terkait rujukan pengobatan dan penanganan secara spesifik. 

"Dengan sinergi ini, pemberian rujukan pelayanan kesehatan bagi anggota Polri di daerah dapat segera diatasi bersama Siloam. Karena Rumah Sakit Bhayangkara Polri di daerah umumnya bertipe C dan D. Sedangkan di daerah, rumah sakit  Siloam umumnya  telah bertipe C dan B. Selain itu dengan sinergi ini semakin memudahkan kedua belah pihak bertukar informasi layanan kesehatan. Misalnya dalam ilmu forensik pun dalam ilmu bedah yang bisa saling melengkapi," papar Arthur Tampi.

Kerjasama dan sinergi layanan kesehatan  disambut baik pihak Siloam. Dr. Anang Prayudi selaku Direktur  Siloam Hospitals Group mengaku sangat senang dan bangga dengan adanya kerjasama tersebut. 

Menurut Anang, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan 46 rumah sakit polri yang tersebar di sejumlah daerah guna mendukung kerjasama yang telah disepakati kedua belah pihak.

"Saya mewakili manajemen Siloam Hospitals Group menyatakan bangga dan senang diberi kepercayaan oleh Polri untuk melakukan kerjasama layanan kesehatan. Setelah ini kami segera melakukan koordinasi antara 26  rumah sakit Siloam bersama 46 rumah sakit Polri. Secara umum saat ini  Kami akan memetakan berbagai hal yang perlu dilakukan kerjasama dalam layanan fasilitas serta berbagi ilmu untuk kepentingan bersama," papar Anang Prayudi.

Anang mencontohkan akan berbagi ilmu layanan kesehatan yang salah satunya telah dikuasai Siloam, melalui layanan emergency atau manajemen keperawatan.

"Selain berbagai fasilitas, kami pun memiliki manajemen penanganan emergency pun terkait manajemen keperawatan. Hal tersebut dapat dipadukan dengan salah satunya, yaitu ilmu ilmu forensik yang sangat dikuasai pihak Polri. Tentu sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak dan secara umum penanganan layanan kesehatan bagi masyarakat dan keluarga polri khususnya semakin dapat ditingkatkan," pungkas Anang.

Pewarta: Tasrief Tarmizi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017