Selama bulan puasa Istiqlal mengadakan bazaar untuk masyarakat umum dan ini adalah pertama kali diadakan
Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Masjid Istiqlal akan menggelar Istiqlal Ramadhan Fair 1438 Hijriah/2017 Masehi guna menyemarakkan ibadah bulan suci Ramadhan di masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut.

"Selama bulan puasa Istiqlal mengadakan bazaar untuk masyarakat umum dan ini adalah pertama kali diadakan," kata Kepala Bagian Protokoler dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat dihubungi dari Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan bazaar tersebut terdiri atas berbagai macam kegiatan seperti talkshow, pergelaran musik religi, lomba karya tulis, festival kuliner dan kegiatan terkait lainnya.

Istiqlal Ramadhan Fair 2017, kata dia, diluncurkan usai shalat Jumat tanggal 19 Mei dan akan berakhir hingga 17 Juni atau beberapa hari sebelum Idul Fitri.

Pengurus Istiqlal, lanjut dia, sudah melakukan perawatan fasilitas masjid di beberapa tempat seperti pembersihan titik strategis misalnya lantai, dinding, teralis stainless, sarana sanitasi, tempat wudhu dan sebagainya.

Menurut Abu, program penyediaan takjil dan makanan berbuka untuk umum tetap disediakan selama bulan puasa dengan rincian tiga ribu porsi paket untuk pengunjung Istiqlal pada hari Senin-Kamis dan lima ribu porsi pada Jumat-Minggu.

Dia mengatakan terdapat lonjakan pengunjung Istiqlal di akhir pekan sehingga paket makanan berbuka puasa pada Jumat-Minggu ditambah.

Sementara itu, paket makanan sahur yang pada tahun lalu disediakan, tidak akan ada lagi pada tahun ini. Di tahun-tahun sebelumnya, paket makanan sahur disediakan bagi jamaah pada 10 hari terakhir jelang Idul Fitri.

Untuk penyelenggaraan ibadah shalat Tarawih, Abu mengatakan pihaknya menyediakan dua gelombang yaitu Tarawih 23 rakaat dan 11 rakaat.

"Sebelum pelaksanaan Tarawih kami menyiapkan lantunan ayat-ayat Alquran dari para qori nasional dan internasional," kata dia.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017