Sao Paulo (ANTARA News) - Lebih dari 100 medali yang diperoleh atlet juara Olimpiade Rio 2016 dikembalikan ke penyelenggara karena berkarat atau muncul bercak hitam di atasnya menurut juru bicara penyelenggara ajang olahraga dunia itu pada Jumat.

Sedikitnya 130 medali, sebagian besar perunggu dan termasuk beberapa dari Paralimpiade, kini sedang diperbaiki oleh perusahaan pembuatnya, Brazillian Mint, kata Mario Andrada kepada kantor berita Reuters.

"Umumnya kerusakan terjadi karena jatuh atau salah penanganan, sehingga lapisannya terkelupas dan berkarat atau menghitam di titik kerusakannya," kata Andrada.

"Hal kedua adalah, dalam jumlah kecil, sekitar 10, bermasalah dengan suhu yang terlalu dingin," ujar Andrada, menambahkan bahwa kasus pertama muncul pada pada Oktober lalu dan menyebut masalah itu "sepenuhnya normal".

Brazilian Mint, menurut dia, akan memperbaiki setiap kerusakan dan mengembalikannya ke para atlet.

Total 2.488 medali diproduksi untuk Olimpiade di Rio de Janeiro pada 2016, ditambah ratusan untuk Paralimpiade. Medali perak dan perunggu dibuat menggunakan 30 persen bahan daur ulang.(Uu.T004)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017