Jakarta (ANTARA News) - Pemilik saham minoritas Arsenal, Alisher Usmanov, mengajukan tawaran senilai 1,3 miliar dolar AS untuk membeli saham mayoritas yang dikuasai Stan Kroenke, kata seorang sumber kepada ESPN.

Tawaran saham yang pertama kali dilaporkan Financial Times itu semula bernilai 2 miliar dolar AS dan diajukan ketika Kroenke menghadapi tekanan kuat untuk melepaskan kepemilikan sahamnya di Arsenal di tengah hasil buruk klub itu musim ini.

Kroenke yang menguasai 67 persen saham Arsenal belum menanggapi penawaran saham dari Usmanov itu. Namun Associated Press melaporkan Kroenke menolak tawaran tersebut.

Tawaran akuisisi saham ini diajukan di tengah suasana tidak menentu yang menyelimuti Arsenal di mana masa depan manajer Arsene Wenger setelah musim ini tengah digantung.

Kemarin Wenger menyatakan masa depannya akan dibicarakan pada rapat direksi setelah laga final Piala FA di mana tawaran akuisisi saham dari Usmanov menjadi topik besar yang dibicarakan dalam rapat direksi itu.

Forbes menyebut Usmanov orang paling kaya ke-66 di dunia dengan jumlah kekayaan 15,2 miliar, sedangkan Kroenke menempati peringkat 182 dengan 7,5 miliar dolar AS.

Para penggemar Arsenal selama ini menyayangkan dana luar biasa besar Usmanov tidak dimanfaatkan klub ini untuk menaikkan posisi tawar klub pada pasar transfer pemain.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017