Kendari (ANTARA News) - Kepala Stasiun Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Kendari, Sulawesi Tenggara, Rosa Amelia merilis terjadi gempa dengan kekuatan 4,1 SR terjadi di barat laut Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara.

Kejadian gempa pada Sabtu pukul 11:11:26 Wita mengguncang wilayah Barat Laut Lasusua dan sekitarnya. ,

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa terjadi pada pukul 11 lebih 11 menit dengan kekuatan M=4.1 dengan episenter pada koordinat 3.45 LS - 120.77 BT sekitar 36.7 KM Barat laut Lasusua Sultra pada kedalaman 20 Km.

Peta tingkat goncangan (Shakemap) BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa goncangan kuat dirasakan di Lasusua dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III-IV MMI) .

Sampai berita ini disampaikan, belum ada laporan gempa bumi dirasakan. Di daerah ini goncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang, dan belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Mengenai dengan peristiwa gempa bumi di wilayah Barat Laut Lasusua ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 14:20 Wita belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa dengan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Kolaka yang melalui Barat Laut Lasusua.

(T.A056/H015)

Pewarta: Azis Senong
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017