Putussibau, Kalbar (ANTARA News) - Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir mengatakan wilayahnya hingga saat ini aman dan kondusif, hal tersebut tercipta karena adanya komitmen semua pihak menjaga keharmonisan dan rasa kekeluargaan di tengah perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan.

"Sesungguhnya masyarakat Kapuas Hulu masih satu turunan dan ada ikatan kekeluargaan. Alhamdulillah hingga saat ini Kapuas Hulu masih kondusif," kata Nasir di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Minggu.

Ia mengatakan selama ini rasa toleransi umat beragama cukup tinggi, bahkan saling bahu membahu apabila ada kegiatan keagamaan.

Dikatakan Nasir akhir-akhir ini situasi keamanan di sejumlah daerah di Indonesia sedang diuji, bahkan berbagai isu dan informasi yang berkembang dapat mengancam serta memecah-belah persatuan dan kesatuan.

"Kita harus bijak dalam menerima informasi tersebut, apalagi yang beredar di media sosial hindari hoax," tegas Nasir.

Menurut Nasir selama ini Pemerintah Daerah Kapuas Hulu bersama Forkompinda dan tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat selalu duduk bersama dalam menyikapi ancaman - ancaman yang dapat merusak keamanan dan ketertiban.

"Alhamdulillah masyarakat Kapuas Hulu menyadari pentingnya rasa kebersamaan, keharmonisan serta kekeluargaan sehingga sampai saat ini Kapuas Hulu masih kondusif dan itu harus tetap kita jaga," imbau Nasir.

(T.KR-TFT/N005)

Pewarta: Timotius
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017