Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Ducati, Jorge Lorenzo, mengatakan Jack Miller mendapat "peringatan dari Tuhan" menyusul kecelakaan yang dialami pebalap tim Marc VDS asal Australia itu pada sesi latihan bebas keempat MotoGP di Sirkuit Le Mans, Sabtu waktu Prancis.

Hubungan antara Lorenzo dan Miller memang kurang baik setelah pertemuan komisi keselamatan MotoGP pada Jumat (19/5) malam. Pada pertemuan itu, para pebalap membahas penggunaan ban depan Michelin.

Melalui proses pemungutan suara, akhirnya 20 dari 23 pembalap MotoGP menyetujui penggunaan ban itu mulai balap MotoGP Italia di Mugelo pada awal Juni 2017. Namun Lorenzo dan pebalap Yamaha Maverick Vinales memiliki pendapat yang berbeda dari mayoritas pebalap MotoGP.

Namun pemikiran berbeda itu direspon negatif oleh Miller yang menghina pendapat Lorenzo. Di sisi lain, pebalap Ducati itu menilai cara Miller menghina pendapatnya sebagai bentuk rasa tidak menghargai kepada sesama pebalap MotoGP.

Satu hari setelah silang pendapat antara dua pebalap itu, Jack Miller mengalami kecelakaan cukup keras. Pada tikungan kedua di Sirkuit Le Mans di sesi latihan bebas, motor Miller berbelok ke kanan kemudian meluncur hingga menghantam pembatas lintasan.

Dalam tayangan ulang di situs Youtube terlihat Miller terpental dari motornya hingga tubuhnya berputar sebanyak empat kali. Sementara motornya ringsek di bagian depan karena kerasnya hantaman itu.

Menanggapi kecelakaan itu, Lorenzo mengatakan, "Pendapat saya? Ini adalah opini negatif mengenai dia. Kemarin di komisi keselamatan dia memberikan tanggapan yang sangat kasar. Dia menyuruh saya meletakkan pendapat saya di bokong saya, atau semacamnya. Sangat tidak sopan."

"Saya pikir itu adalah sesuatu yang tidak boleh Anda katakan kepada pebalap manapun di depan orang lain, dan tentu saja tidak boleh dilakukan kepada juara dunia lima kali," ucap Lorenzo.

"Saya pikir hari ini Tuhan mendekatinya dan berkata, 'Hari ini bukan hari di mana anda akan terluka'," cetus bekas pebalap Yamaha itu.

"Itu adalah kecelakaan serupa dengan yang dialami Marquez di Mugello pada 2013. Itu memberinya peringatan bahwa MotoGP bukan lelucon. Sekarang terserah dia jika, dia mengambil saran ini atau tidak," tambah Lorenzo.

"Menurut saya, dia salah satu pebalap yang tidak memperhatikan risiko. Dia bermain dengan hal itu dan tidak sadar akan risiko mengendarai motor. Tapi hal ini untuknya dan dia akan tahu apa yang harus dilakukan," pungkas Lorenzo.

Kendati mengalami kecelakaan, namun Jack Miller tidak mengalami cedera dan akan memulai balapan GP Le Mans dari posisi 11, demikian Autosports dan Crash.

Penerjemah: Alviansyah P
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017