Riyadh (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo telah masuk ke ruang diselenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi yang mempertemukan pemimpin yang mewakili negara-negara Arab dan Islam dari seluruh dunia dengan Presiden AS Donald Trump di King Abdul Aziz International Convention Center (KAAICC) Riyadh, Arab Saudi, Minggu.

Presiden datang pada pukul 14.25 waktu setempat langsung diterima oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abd al-Aziz Al Saad. Setelah berjabat tangan dan melakukan ramah tamah sebentar, Presiden Jokowi langsung menuju ruang makan bersama untuk bergabung dengan para pemimpin Negara Arab dan Islam yang lebih dulu memasuki ruang tersebut.

Sedangkan iring-iringan mobil Presiden Donald Trump datang ke KAAICC sekitar pukul 15.20 waktu setempat dan langsung masuk ke ruang KTT dan disambut Raja Salman.

Sampai berita ini diturunkan, para pemimpin negara Arab dan Islam serta Presiden AS Donald Trump masih melakukan bersama. Setelah acara makan bersama akan dilanjutkan sesi foto bersama, kemudian acara KTT akan dimulai.

Dalam siaran persnya, KTT Islam Arab American ini diselenggarakan bertujuan untuk memperbarui komitmen bersama dalam menghadapi ancaman kekerasan ekstremisme dan terorisme global, dimana akan membahas isu keamanan dan stabilitas serta menegaskan kembali kebutuhan mendesak untuk kerjasama dan moderasi yang lebih dekat untuk memerangi terorisme di dunia.

"Pemimpin negara-negara Arab, Islam dan Amerika Serikat mengakui pentingnya kemitraan yang kuat dan abadi untuk menghadapi ancaman kekerasan ekstremisme. Kami berbagi tujuan yang sama dalam memerangi terorisme dan kami berusaha menginokulasi orang-orang kita melawan ekstremisme yang mengarah ke kekerasan," kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir.

Dia mengatakan Presiden Trump akan bertemu pemimpin dari lebih dari 50 negara peserta KTT Islam Arab Amerika ini untuk membahas cara-cara untuk bekerja sama melawan ancaman terorisme global.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017