Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengimbau seluruh elemen bangsa untuk kembali kepada Pancasila sebagai pemersatu, terlebih dengan masih adanya fenomena gesekan setelah pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta.

"Sekarang waktunya Pancasila dipakai untuk mempersatukan, bukan membeda bedakan. Ingat kita ini saudara sebangsa," katanya dalam Halaqah Internasional GP Anshor di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, Senin.

Zulkifli, melalui rilis pers MPR, mengatakan fenomena tersebut adalah mispersepsi, dan pemahaman yang salah mengenai perjuangan umat Islam merebut kemerdekaan.

"Pekikan Allahu Akbar sejak dulu sudah menjadi pemompa semangat untuk berjuang merebut kemerdekaan bangsa. Bahkan Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy'Ari mengeluarkan resolusi jihad umat melawan penjajah," katanya.

Zulkifli yakin ulama dan umat Islam di mana pun berada jika bangsa ini ada masalah dan hambatan pasti langsung turun tangan.

"Kiprah dan peran itu jangan lantas direduksi hanya karena perbuatan beberapa oknum. Umat Islam berkomitmen teguh pada NKRI," ujarnya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017