Makassar (ANTARA News) - Kementerian Agama akan mengelar sidang isbat pada Jumat, untuk menetapkan awal puasa 1 Ramadan 1438 H.

"Untuk menentukan awal Ramadhan tersebut, Kementerian Agama akan melakukan pemantauan hilal di 77 titik di seluruh nusantara, termasuk di Kota Makassar, Sulsel, mengambil lokasi di Mall GTC Tanjung Bunga," kata Kakanwil Kemenag Sulsel H Abd Wahid Thahir, Senin.

Pemantauan hilal tersebut, tambahnya, merupakan tugas rutin setiap tahun yang dilaksanakan Kementerian agama di sejumlah daerah di Indonesia.

Sebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais) Kemenag, M Thambrin di Jakarta, dalam keterangan persnya mengatakan dalam menentukan awal puasa tahun ini, Kemenag akan memantau hilal pada 77 titik di seluruh Indonesia.

Rencananya, sidang Isbat akan digelar di Kantor Kementerian Agama jalan MH Thamrin, Jakarta, dimulai pukul 17.00 WIB dan akan dihadiri pimpinan ormas Islam, Ketua MUI, Ketua Komisi VIII DPR RI, perwakilan dari 22 negara-negara sahabat, dan sejumlah tokoh Islam.

Sidang diawali dengan sesi pra sidang berupa pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1438H oleh anggota tim hisab rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 WIB.

Usai salat Magrib berjamaah, dilanjutkan sidang isbat akan dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dilanjutkan dengan laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais).

Selanjutnya, hasil sidang isbat akan diputuskan setelah melihat data serta pemantauan hilal dari beberapa daerah di Indonesia yang masuk lalu disampaikan kepada masyarakat melalui siaran televisi secara langsung pada Jumat 26 Mei 2017.

Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017