Jakarta (ANTARA News) - Belanja di bulan Ramadhan tak melulu identik dengan makanan dan pakaian, gawai pun banyak dicari apalagi dengan kemudahan yang ditawarkan berbelanja secara dalam jaringan (online).

"Mendekati tanggal THR (Tunjangan Hari Raya), banyak yang cari handphone, naik 1,4 kali," kata Kepala Industri Google Indonesia, Henky Prihatna saat pemaparan di Jakarta, Selasa.

Google Indonesia mencatat, berdasarkan data mereka Ramadhan tahun lalu, pencarian mengenai harga dan promosi ponsel pintar naik 1,4 kali lipat saat pekan THR.

Pencarian informasi soal ponsel secara umum, naik 1,27 kali lipat saat pekan THR, sekitar minggu ketiga di bulan puasa.

Konsumen Indonesia umumnya mencari ponsel kategori low end, berharga di bawah Rp 3,5 juta. Pencarian naik 1,4 kali dibandingkan bulan biasa.

Ponsel di kategori itu, yang paling banyak dicari antara lain adalah Samsung J5, Samsung J2, Samsung J7, Oppo Neo 7, Samsung J1 dan Asus Zenfone 2.

Sementara ponsel kategori menengah, berharga antara Rp 3,5-7,0 juta mengalami peningkatan pencarian sebanyak 1,35 kali saat Ramadhan.

Ponsel pintar yang masuk kategori menengah antara lain Oppo F1, Oppo F1 Plus, Samsung A5, Samsung A3 dan Lenovo A7000 Plus.

Untuk pencarian ponsel high end berharga di atas Rp 7 juta, seperti iPhone 7 dan Samsung Galaxy S7, meningkat 1,25 kali.

Menariknya, konsumen belum tentu membeli ponsel kelas high end itu, banyak juga yang hanya ingin mengetahui berapa harga terkini ponsel itu.

Selain menjelang pekan THR, Google Indonesia juga melihat pencarian mengenai ponsel naik seminggu setelah Hari Raya.

Henky menduga pencarian itu dilakukan oleh anak-anak muda yang baru mendapat uang Lebaran.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017