Jakarta (ANTARA News) - Panitia Penyelenggaraan Asian Games 2018 (INASGOC) akan menyiapkan penggunaan anggaran awal sebesar Rp500 miliar yang telah diterima dari Kementerian Pemuda dan Olahraga sesuai Peraturan Presiden nomor 48 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Asian Games XVIII/2018.

"Kami telah meminta semua kedeputian untuk meneliti kegiatan-kegiatan yang sudah dikerjakan sejak Januari. Kami akan pakai anggaran APBN sebagai satuan kerja sementara dan dana non-APBN sesuai pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU)," kata Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto di Jakarta, Selasa.

Eris mengatakan INASGOC telah menjadi satuan kerja sementara di dalam Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Perpres No. 48/2017. "Dengan demikian, anggaran Rp500 miliar itu sudah masuk dalam daftar isian pelaksanaan anggaran INASGOC," kata Eris.

INASGOC, lanjut Eris, mencatat empat kegiatan yang membutuhkan anggaran besar dalam persiapan penyelenggaraan Asian Games ke-18 itu.

"Empat kegiatan itu adalah penyiaran pertandingan milik tuan rumah (host broadcast), teknologi informasi, sosialisasi, dan biaya periklanan di televisi," kata Eris.

Eris menyontohkan kegiatan sosialisasi antara lain pemasangan logo Asian Games di pesawat-pesawat, kereta api, serta bus-bus kota selain pemasangan baliho di Palembang, Jakarta, serta Bandung.

"Kami sudah mulai memproses administrasi kegiatan-kegiatan setiap deputi, termasuk kebutuhan anggaran mereka. Kami harapkan Jumat sudah selesai," kata Eris.

Persiapan lain pelaksanaan yang juga membutuhkan anggaran besar adalah perekrutan sukarelawan Asian Games.

"Kami membutuhkan sekitar 10 ribu sukarelawan karena jumlah panitia tidak sampai ribuan orang. Kami juga akan menyiapkan ruang-ruang tambahan seperti ruangan untuk pers di setiap gelanggang," katanya.

Ketua Pelaksana INASGOC Erick Thohir telah mengusulkan sejumlah nama sebagai direktur pada empat deputi INASGOC kepada Ketua Dewan Pengarah Asian Games Jusuf Kalla.

"Kami mengusulkan Direktur Deputi I Bidang Operasional Pertandingan dipegang oleh Muddai Maddang, Direktur Deputi II Bidang Administrasi Pertandingan dipegang oleh Francis Wanandi, Direktur Deputi III Bidang Pendukung Pertandingan oleh Ahmad Solihin," kata Erick.

Sementara, Deputi IV Bidang Keamanan dan Transportasi akan dipegang oleh Asisten Operasi Kapolri. "Kami minta dari para pihak yang telah berpengalaman dan ahli di bidang keamanan karena durasi perjalanan dari Wisma Atlet Kemayoran menuju Senayan minimal 30 menit hingga 40 menit," kata Erick.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017