London (ANTARA News) - Bintang film Christine Hakim dan penyanyi Anggun C Sasmi ikut memeriahkan Festival Gastronomi Indonesia yang bertajuk Semaine Saveurs et Reflets d'Indonesie (Tastes and Reflections of Indonesia Week) di Cafe de La Paix, yang diadakan Kedutaan Indonesia di Paris dalam rangka mempromosikan gastronomi dan cita rasa makanan Indonesia, termasuk budaya dan destinasi wisata Indonesia kepada masyarakat Prancis di Paris.

Semaine Saveurs et Reflets d'Indonesie diselenggarakan dalam rangka memperingati 67 tahun hubungan bilateral RI dan Prancis, dan sekaligus memperkuat kesepakatan yang disetujui kedua Presiden pada saat kunjungan Presiden Prancis, Francois Hollande ke Jakarta 29 Maret lalu, khususnya peningkatan kerjasama di bidang ekonomi kreatif, salah satu sektor utamanya adalah gastronomi dan makanan.

Minister Counsellor KBRI Paris, Henry R W Kaitjily kepada Antara London, Rabu mengatakan lima Chef Indonesia, dikepalai Chef Degan Septoadji dan dibantu Chef Theodorus Setyo, Chef Agus Pandetria, Chef Agus Wiryawa dan Chef Gede Susila Yadya menyiapkan berbagai hidangan selama pekan gastronomi dari tanggal 17 hingga 21 Mei lalu.

Team Chef Degan bekerjasama dengan Michelin-star Chef, Andre Laurent dari Hotel InterContinental Paris Le Grand/Cafe de la Paix menyajikan masakan khas Indonesia seperti Rendang, Gado-Gado, Soto Ayam dan Bebek Bumbu Bali.

Peluncuran Pekan gastronomi Indonesia di Paris dibuka dengan acara Gala Dinner yang diadakan di Opera Ballroom, Hotel InterContinental Paris Le Grand yang dihadiri sekitar 300 tamu undangan terdiri dari berbagai kalangan Pemerintahan, Duta Besar negara sahabat, UNESCO dan OECD, anggota senat, komunitas bisnis dan gastronomi Prancis

Selain penyajian menu masakan khas, hadirin juga menikmati peragaan fashion show busana batik dan tenun oleh designer Indonesia, Oscar Lawalata dan penampilan tarian dan musik tradisional Indonesia yang dibawakan kelompok sanggar tari dan orkestra gamelan Indonesia-Prancis di Paris.

Selaku Duta Gastronomi Indonesia di Prancis, kelima Chef Indonesia tersebut juga memperagakan demonstrasi cara teknik memasak dan meramu bumbu-bumbu masakan Indonesia pada acara cooking class kepada siswa Le Cordon Bleu, sekolah masak internasional ternama Prancis.

Pekan gastronomi Indonesia berlangsung di Cafe de la Paix, Paris, merupakan salah satu restoran iconic ternama dan terletak di jantung kota Paris. Setiap harinya, Cafe de la Paix bersebelahan dengan gedung Opera de Paris setiap harinya ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai latar belakang seperti pelaku bisnis, pemerintah dan wisatawan mancanegara.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017