Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan bahwa persatuan Indonesia tetap kokoh meskipun melewati berbagai persitiwa selama 71 tahun merdeka.

"Bangsa Indonesia sudah berhasil melewati banyak ujian sejarah. Persatuan kita tetap kokoh, tetap kuat sampai hari ini," katanya dalam pembukaan Rakorwil Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (IARMI) Sulawesi Utara di Manado, Rabu.

Zulkifli, melalui rilis pers MPR, mengatakan, untuk menghadapi beragam situasi akhir-akhir ini, perlu mengimplementasikan Pancasila sila ke-3 yang berbunyi Persatuan Indonesia. 

"Sila ke 3 adalah amanat perasaan senasib sepenanggungan antar anak bangsa. Jadi bukan hanya persatuan wilayh, tapi juga persatuan ekonomi agar tak ada lagi kesenjangan," kata dia.

Perasaan senasib sepenanggungan itu, kata Zulkifli, harus dimulai dari komitmen Kepala daerah untuk berpihak pada rakyat.

"Ujian persatuan sekarang adalah kesenjangan. Tugas Kepala Daerah memastikan bahwa kesejahteraan ekonomi terbagi adil pada rakyatnya," ujarnya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017