Bogor (ANTARA News) - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menjalani tes kebugaran bersama para pejabat dan lurah di wilayah kota itu di Lapangan Sempur, Jumat.

Dalam uji kebugaran itu, Bima Arya lari 4,5 putaran mengelilingi lapangan dalam waktu kurang dari 10 menit, dan masih mampu melanjutkan lari hingga lima putaran lebih.

"Hasil tes kebugaran Pak Wali Kota selalu baik, karena memang dianya rutin berolahraga," kata petugas Dinas Kesehatan yang mencatat hasil tes kebugaran Bima Arya.

Sementara Wakil Wali Kota Usmar Hariman lari 4,5 putaran dalam 11 menit.

"Tahun lalu catatan waktu saya 13 menit, tahun ini naik jadi 11 menit, hasilnya semoga lebih baik," kata Usmar, yang berusia 54 tahun.

"Pak Wali jauh lebih bugar dari saya, usianya juga lebih muda. Apalagi dia rajin lari," kata Usmar.

Usmar rutin olahraga setiap Sabtu, berlari 15 putaran mengelilingi Taman Kresna, dan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.

"Tapi godaan habis olahraga luar biasa, di Taman Kresna itu, banyak yang dagang, jadi setelah olahraga, makan Soto Kuning, combro, jadi godaannya berat," katanya.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, yang usianya 50 tahun lebih, menyelesaikan 4,5 putaran keliling lapangan dalam 15 menit.

Ade juga rutin berolahraga. Setiap minggu dia main bulu tangkis atau tenis.

"Kalau libur saya main golf, rutinnya badminton dan tenis," kata Ade, yang sedang mengurangi konsumsi gula dan makan lebih banyak buah.

"Istri rutin menyiapkan setiap pagi sarapan buah, ini baik buat kesehatan. Apalagi sekarang saya coba kopi herbal mengurangi gula," katanya.

Sebanyak 114 pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Bogor menjalani tes kebugaran rutin yang dimulai tahun lalu.

Petugas kesehatan akan memberikan rekomendasi kepada para pejabat yang mengikuti uji kebugaran berdasarkan hasil tes, termasuk di antaranya berkenaan dengan upaya menjaga gaya hidup sehat.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017