Jakarta (ANTARA News) - Juara bertahan NBA, Cleveland Cavaliers, memastikan diri melaju ke partai final NBA 2017 usai melewati Boston Celtics 4-1 di final wilayah Timur.

Kemenangan 135-102 yang diraih Cavaliers di laga kelima final wilayah Timur, berhasil memastikan langkah LeBron James dkk.

Di partai final, Cavaliers kembali menghadapi Golden State Warriors, yang sudah lebih dulu memesan satu tempat usai menang 4-0 atas San Antonio Spurs di final wilayah Barat.

Pertemuan kedua tim di partai puncak NBA merupakan kali ketiga dalam tiga musim terakhir. Warriors memenangi edisi 2015 dengan skor 4-2, sebelum Cavaliers menampilkan kebangkitan monumental dari ketertinggalan 1-3 menjadi 4-3 atas Warriors pada edisi berikutnya.

Musim ini, Warriors menggegerkan NBA dengan mengikat kontrak pebasket bintang Kevin Durant hingga komisioner liga, Adam Silver, angkat bicara soal tim megabintang yang mengancam persaingan liga. Durant melengkapi skuat Warriors yang sudah diperkuat duo penembak tiga angka jitu, Stephen Curry dan Klay Thompson, yang akrab disapa Splash Brothers serta dukungan dari pemain berpengalaman macam Draymond Green dan Andre Iguodala.

Sementara Cavaliers, yang sempat dilanda masalah di musim reguler hingga megabintang mereka, James, angkat bicara dan membuat kedatangan penembak jitu tiga angka dari Atlanta Hawks, Kyle Korver, melengkapi para pemain pendukung seperti Tristan Thompson dan J.R. Smith untuk menyokong The Big Three yakni James, Kyrie Irving dan Kevin Love.

Di musim reguler 2016-2017, Cavaliers dan Warriors hanya bertemu dua kali dan sama-sama meraih satu kali kemenangan. Pertemuan pertama pada malam Natal 2016, dimenangi Cavaliers dengan skor tipis 109-108 sebelum dibalas Warriors dengan kemenangan meyakinkan 126-91 pada 16 Januari 2017.

Laga final NBA 2017 tetap menggunakan sistem best-of-seven, alias pemenang ditentukan dengan tim yang terlebih dahulu meraih empat kemenangan dan Warriors kembali mendapat keuntungan empat kali tampil di kandang karena keunggulan catatan musim reguler.

Berikut adalah jadwal rangkaian laga final NBA 2017 seturut laman resmi liga (dalam WIB):

Jumat (2/6) Warriors vs Cavaliers di Oracle Arena, California
Senin (5/6) Warriors vs Cavaliers di Oracle Arena, California
Kamis (8/6) Cavaliers vs Warriors di Quicken Loans Arena, Ohio
Sabtu (10/6) Cavaliers vs Warriors di Quicken Loans Arena, Ohio
Selasa (13/6) Warriors vs Cavaliers di Oracle Arena, California *
Jumat (16/6) Cavaliers vs Warriors di Quicken Loans Arena, Ohio *
Senin (19/6) Warriors vs Cavaliers di Oracle Arena, California *

*digelar jika perlu dipertandingkan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017