Taormina, Italia (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan masalah Korea Utara yang semakin agresif memicu peperangan, akan bisa diselesaikan.

Pernyataan tersebut dilontarkan Trump dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menjelang pembukaan KTT G7.

"Ini merupakan masalah besar, ini masalah dunia," ujar Trump di Kota Taormina, Sisilia, seraya mengatakan masalah itu akan dibahas dalam pertemuan dengan kepala negara enam negara maju lainnya.

"Ini akan dituntaskan," ujarnya sebelum menghadiri pertemuan tertutup dengan Abe.

Pyongyang beberapa kali meluncurkan rudal tahun ini, termasuk rudal jarak menengah Hwasong-12 bulan ini, yang diklaim mampu membawa hulu ledak nuklir "berat," dan menyulut ketegangan dengan Washington.

Korea Utara sudah dua kali melakukan uji coba nuklir sejak awal tahun lalu dengan dalih Pyongyang membutuhkan senjata nuklir untuk membela diri terhadap ancaman invasi.

AS khawatir jika pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un tidak menghentikan kebijakan itu, negara-negara lain di kawasan, termasuk Jepang dan Korea Utara, akan mencari kemampuan nuklir sendiri sebagai bentuk pertahanan.

Washington mengatakan pihaknya bersedia melakukan pembicaraan dengan Korea Utara jika mereka menghentikan uji coba nuklir dan misilnya, namun juga memperingatkan intervensi militer adalah sebuah opsi, yang membuat kekhawatiran konflik meningkat, demikian AFP.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017