San Francisco, Amerika Serikat (ANTARA News) - Delapan anggota staf dan tujuh tahanan dikirim ke rumah sakit setelah kerusuhan di satu penjara di California, Rabu (24/5).

Tembakan dilepaskan petugas selama kerusuhan, yang berawal pada pukul 10.25 waktu setempat (00.25 WIB) di Penjara Negara Bagian Pelican Bay, yang memiliki pengamanan maksimum, di Crescent City, Del Norte County, kata California Department of Correction and Rehabilitation (CDCR).

Di dalam satu pernyataan yang merinci peristiwa itu, CDCR menyatakan staf penjara menanggapi apa yang mulanya merupakan perkelahian tangan kosong antara dua narapidana di salah satu bagian warga umum di instalasi dengan pengamanan maksimum tersebut.

"Staf yang menanggapi menggunakan bahan kimia dan pentungan untuk menaklukkan tahanan. Namun mereka menolak untuk mengehntikan perkelahian," kata CDCR.

"Saat staf terus berusaha menundukkan kedua narapidana, banyak tahanan dari berbagai daerah di bangsal itu berlari menuju tempat kejadian," kata beberapa pejabat CDCR.

Ia menambahkan petugas dari tiga pos petugas bersenjata menembakkan sebanyak 19 peluru ke arah tahanan yang mulai menyerang mereka.

Dengan dua instalasi berpengamanan maksimum, penjara itu dirancang untuk menampung penjahat yang paling serius. Instalasi tersebut saat ini menampung sebanyak 2.000 tahanan dan mempekerjakan sebanyak 1.300 orang.

Enam dari delapan petugas yang cedera diobati dan diperkenankan pulang. Dua orang lagi masih dirawat sementara petugas penjara mengatakan kedua menderita luka cukup parah tapi tidak mengancam nyawa mereka. Mereka diperkirakan akan segera diperkenankan pulang.

CDCR telah mengerahkan Tim Penyelidik Pasukan Maut ke penjara tersebut untuk melakukan penyelidikan administratif dan pidana mengenai penggunaan kekuatan yang mematikan.

Penjara itu berada 600 kilometer di sebelah utara San Francisco dan 20 kilometer di sebelah selatan perbatasan California dengan Oregon. Penjara tersebut dibuka pada 1989.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017