Pangkalpinang (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini terkait kemungkinan gelombang tinggi di kawasan perairan dan di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Sabtu (27/5).

"Waspadai ketinggian gelombang maksimum yang diprakirakan dapat mencapai 2,0 sampai 3,0 meter di perairan terutama di jalur penyeberangan di Selat Gelasa, utara Bangka dan Selat Karimata," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Rizki Adzani, Jumat.

Ia menyebutkan ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,5 meter, di selatan Bangka 0,25 sampai 0,75 meter, di Selat Gelasa dan utara Bangka 0,5 sampai 1,0 meter, serta di Selat Karimata antara 0,5 hingga 1,5 meter.

Ketinggian gelombang maksimum dapat saja mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan bahkan lebih, sehingga para pengguna jasa angkutan laut dan juga para nelayan diimbau agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan.

Sementara itu kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan sepanjang Sabtu diprakirakan berkisar antara 8 hingga 35 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Timur ke Selatan.

Rizki Adzani juga mengimbau agar nelayan tradisional dan kapal-kapal angkutan laut tetap memperhatikan fasilitas keselamatan saat berlayar karena ketinggian gelombang sewaktu-waktu dapat berubah akibat perubahan suhu dan kecepatan angin di perairan.

Sementara itu ketinggian pasang air laut maksimum di provinsi itu diprakirakan mencapai 2,27 meter di pantai Membalong Kabupaten Belitung, 2,23 meter di Sungailiat Kabupaten Bangka, dan sekitar 2,00 meter di Toboali Kabupaten Bangka Selatan.

Kemudian di pesisir pantai Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,74 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,56 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,52 meter dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,90 meter.

Mengingat pasang air laut yang cukup tinggi, masyarakat yang bermukim di kawasan pesisir diharapkan tidak memaksakan diri untuk beraktivitas di pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Sabtu diprakirakan cerah berawan dengan peluang hujan ringan di beberapa wilayah seperti di Sungailiat, Koba, Selat Nasik, dan Muntok.

Satu-satunya daratan yang berpeluang dilanda hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah kawasan Jebus di Bangka Barat.

"Waspada potensi hujan lebat disertai petir dengan durasi waktu yang singkat pada siang dan sore hari di wilayah Kabupaten Bangka Barat," ujar Rizki Adzani.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 24-33 derajat Celcius dan kelembaban udara 60-95 persen.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017