Batam (ANTARA News) - Manajemen Bandara Internasional Hang Nadim Batam menyediakan makanan berbuka selama Ramadan 1438 Hijriyah bagi penumpang yang saat berbuka masih berada di kawasan bandara.

"Untuk memudahkan umat Islam untuk berbuka puasa kami sediakan takjil gratis di bandara. Ini merupakan bentuk layanan kami selama Ramadan," kata General Manager Operasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Sabtu.

Makanan berbuka tersebut, berupa kurma, dan minuman kemasan yang akan disediakan setiap sore menjelang waktu berbuka puasa pada beberapa lokasi area terminal bandara.

"Selain menyediakan takjil, ada lokasi solat yang juga disiapkan pada kawasan ruang tunggu keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam. Jadi penumpang akan lebih mudah beribadah," kata dia.

Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono mengatakan khusus di Bandara Hang Nadim, saat ini sudah dibentuk tim untuk membantu dan memonitor pelaksanaan angkutan Lebaran.

"Tim sudah terbentuk untuk menangani arus mudik dan arus balik libur Lebaran yang diperkirakan akan terjadi lonjakan signifikan. Diharapkan semua berjalan lancar," kata dia.

Selama Ramadan, kata dia, pada unit-unit teknis BP Batam seperti Bandara Hang Nadim, Pelabuhan Laut dan Rumah Sakit BP Batam tetap buka 24 jam.

Untuk karyawan BP Batam sendiri, kata dia, jam kerja selama Bulan Ramadan 2017 akan mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Hal ini diatur dalam Surat Edaran Kepala Biro BP Batam No.20 tahun 2017. Penetapan ini berbeda lebih panjang satu jam dibandingkan keputusan pemerintah pusat.

"Ini sebagai bentuk komitmen BP Batam untuk terus melaksanakan kegiatan pelayanan meskipun memasuki bulan puasa Ramadan. Sesuai dengan Budaya Kerja yang tengah dikembangkan di lingkungan BP Batam," kata Purnomo.

Pewarta: Larno
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017