Surabaya (ANTARA News) - Pengurus Masjid Al-Akbar Surabaya menyiapkan 2.000 takjil berupa nasi bungkus dan sepaket kurma setiap harinya bagi jamaah yang berbuka puasa Ramadhan 1438 Hijriah.

"Ramadhan tahun ini kami siapkan 2.000 nasi bungkus yang dibagikan setelah Shalat Maghrib," ujar Direktur Utama Masjid Al-Akbar Surabaya Endro Siswantoro ketika dikonfirmasi, Sabtu.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, sebelum nasi bungkus dibagikan, para jamaah disediakan paket takjil berupa air mineral dan kurma yang kali ini mendapat bantuan dari PT Telkom sebanyak 3 ton kurma.

Pembagian takjil ini dilakukan selama sebulan penuh, sedangkan pembagian makan sahur di salah satu masjid terbesar di Tanah Air tersebut dibagikan saat 10 hari terakhir Ramadhan.

Selain pembagian takjil, setiap harinya di masjid berkapasitas 60 ribu jamaah tersebut digelar kegiatan-kegiatan keagamaan maupun sosial masyarakat.

"Ada kegiatan yang sifatnya Habluminallah (berhubungan langsung dengan Allah SWT), ada juga yang Habluminannas (berhubungan dengan manusia)," ucapnya.

Kegiatan yang digelar antara lain spiritual keagamaan seperti kajian setiap usai Shalat lima waktu, Shalat Tarawih, dzikir dan iktikaf, serta kegiatan keagamaan sebelum Ramadhan.

Kemudian untuk kegiatan sosial antara lain bersifat pendidikan dan kesehatan yaitu pawai Ramadhan, pemberian paket sembako kepada warga kurang mampu, pondok Ramadhan hingga bazar atau festival Ramadhan.

"Bahkan khusus tahun ini, peringatan Nuzulul Quran yang biasanya digelar di Islamic Centre akan dipusatkan di sini. Gubernur Jatim Soekarwo dan Wagub Jatim Saifullah Yusuf telah menyatakan kesiapannya hadir bersama ribuan jamaah," tuturnya.

(T.F014/C004)

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017