Madrid (ANTARA News) - Barcelona untuk sementara memimpin atas Alaves dengan skor 3-1 hingga babak pertama final Piala Raja Spanyol (Copa del Rey) di Stadion Vicente Calderon, Madrid, Spanyol, Minggu pagi WIB.

Keunggulan itu diperoleh Barcelona masing-masing satu gol yang dicetak oleh trio lini depan mereka, Lionel Messi, Paco Alcacer dan Neymar, sementara itu Alaves membalas lewat Theo Hernandez.

Absennya Luis Suarez akibat cedera otot paha belakang (hamstring) diikuti petaka lain bagi Barcelona yang harus kehilangan Javier Mascherano, setelah anggota legiun Argentina itu berbenturan kepala dalam duel udara dengan Marcos Llorente.

Mascherano yang mengeluarkan darah dari kepalanya ditarik keluar dan digantikan Andre Gomes pada menit 11.

Namun, Barcelona yang tetap tampil dominan akhirnya membuka keunggulan pada menit 30 saat Messi menyelesaikan kerja sama satu dua sentuhan dengan Neymar lewat tembakan cantik yang tak mampu dijangkau penjaga gawang Fernando Pacheco.

Keunggulan itu tak bertahan lama, sebab tiga menit berselang Theo Hernandez sukses menyamakan kedudukan untuk Alaves lewat eksekusi tendangan bebas spektakuler yang tak terjangkau penjaga gawang Jasper Cillessen.

Tepat pada pengujung waktu normal babak pertama, Neymar sukses memegang keunggulan kembali dengan skor 2-1 setelah menyelesaikan umpan Andre Gomes.

Babak pertama yang mendapatkan waktu tambahan tiga menit lantaran insiden yang terjadi pada Mascherano, dan Barcelona sukses memanfaatkan waktu yang ada untuk memperbesar keunggulan menjadi 3-1 lewat gol Paco Alcacer yang menjawab keraguan atas kemampuannya menggantikan Suarez. (Baca juga: Susunan pemain final Piala Raja, Paco Alcacer starter)

Jika kedudukan bertahan hingga akhir, maka Barcelona akan kian menajamkan rekornya sebagai peraih gelar terbanyak di Piala Raja Spanyol mencapai 29 kali.

Susunan pemain kedua tim seturut laman Marca:

Barcelona (4-3-3): Jasper Cillessen (PG); Javier Mascherano (Andre Gomes), Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Andres Iniesta; Lionei Messi, Paco Alcacer, Neymar.
Pelatih: Luis Enrique.

Alaves (5-4-1): Fernando Pacheco (PG); Kiko Femenia, Vigaray, Rodrigo Ely, Zouhair Feddal, Theo Hernandez; Edgar Mendez, Marcos Llorente, Manu Garcia, Ibai Gomez; Deyverson.
Pelatih: Mauricio Pellegrino.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017