Tim pelatih harus putar otak untuk mencari pengganti keempat pemain pilar yang absen karena masih menjalani pemulihan setelah cedera maupun karena akumulasi kartu."
Malang (ANTARA News) - Tim tuan rumah Arema FC harus kehilangan empat pemain pilarnya saat menjamu tamunya Mitra Kukar dalam lanjutan Liga 1 2017 di Stadion Gajayana Kota Malang yang digelar Minggu (28/5) malam.

Keempat pemain andalan yang terpaksa harus absen karena alasan berbeda itu adalah Jad Noureddine, Bagas Adi Nugroho, Arthur Cunha dan Junda Irawan.

"Tim pelatih harus putar otak untuk mencari pengganti keempat pemain pilar yang absen karena masih menjalani pemulihan setelah cedera maupun karena akumulasi kartu," kata pelatih Arema FC Aji Santoso di Malang, Minggu.

Absennya keempat pemain pilar itu, lanjutnya, memaksa pelatih untuk menurunkan para pemain pelapis. Untuk memperkokoh lini pertahanan, Aji bakal memasang Hanif Sjahbandie sebagai stopper.

Ia mengakui posisi lini belakang ini bisa dikatakan darurat karena para pemain andalan Arema seperti Bagas, Junda Irawan, Arthur dan Jad tidak bisa diturunkan. "Kami berharap duet baru ini bisa tampil maksimal dan bisa memberikan yang terbaik sesuai dengan harapan tim pelatih," ucapnya.

Sejatinya, tidak hanya lini belakang saja, tim berjuluk "Singo Edan" itu juga dihadapkan dengan situasi lini depan yang kurang produktif, bahkan lini depan (striker) Arema hanya dua, yakni Cristian Gonzales dan Dedik Setiawan. "Persoalan di tubuh Arema ini cukup kompleks," ujarnya.

Menurut Aji, bisa saja pemain depan Arema tidak mampu mencetak gol karena memang tidak ada peluang atau suplai bola (umpan) matang, bahkan karena para pemain belakang lawan bermain bagus dalam mengamankan pertahanannya, sehingga idak ada celah bagi pemain Arema untuk membobol gawang lawan.

Ia mengatakan pihaknya bakal memaksimalkan dua penyerang yang ada untuk bisa membobol gawang Mitra Kukar. "Kami akan memaksimalkan seluruh kemampuan yang kami miliki untuk meraih angka sempurna (tiga poin) di kandang," ucapnya.

Tidak berbeda jauh dengan kondisi tuan rumah, tim tamu Mitra Kukar juga mengalami kondisi yang sama. Tiga pemain Mitra Kukar juga absen saat menghadapi tuan rumah. Ketiga pemain yang absen itu adalah kiper Gery Mandagi, Jorge Gotor dan Inkyun Oh.

"Kami berharap anak-anak bisa menjalankan instruksi di lapangan, bagaimana mengatur strategi dan taktik serta mengembangkan permainan saat menghadapi tuan rumah. Memang tidak mudah, tapi kami akan ampil all out menghadapi Arema," kata pelatih Mitra Kukar Jafri Sastra.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017