Madrid (ANTARA News) – Asisten pelatih Luis Enrique di Barcelona selama tiga tahun terakhir, Juan Carlos Unzue, akan memulai kariernya sendiri pada musim depan setelah ditunjuk sebagai pelatih Celta Vigo pada Minggu (28/05) waktu setempat.

Unzue menandatangani kontrak dua tahun untuk kembali ke Galician, tempat dia menjabat sebagai asisten Luis Enrique saat melatih Celta Vigo pada musim 2013/14.

"Juan Carlos Unzue akan memimpin tim senior Celta Vigo untuk dua musim mendatang," ujar klub tersebut dalam sebuah pernyataan yang dilansir AFP.

Dengan Luis Enrique yang mengundurkan diri sebagai pelatih Barcelona setelah memenangi sembilan trofi dalam tiga musim terakhir, Unzue disebut-sebut menjadi kandidat pengganti mantan bosnya itu.

Namun Barcelona lebih mengharapkan Ernesto Valverde, yang mundur dari Athletic Bilbao pada awal pekan ini, sebagai pelatih baru mereka pada Senin.

(Baca: Barcelona umumkan pelatih baru pekan depan)

Unzue (50) adalah mantan kiper Barcelona dan Sevilla yang pernah menjadi pelatih kiper pada periode kepelatihan Frank Rijkaard dan Pep Guardiola di Barcelona sebelum bergabung dengan tim kepelatihan Luis Enrique.

Namun, satu-satunya pengalaman Unzue melatih tim senior adalah ketika dia finis di peringkat 10 dalam divisi kedua Spanyol bersama Numancia pada musim 2010/11.

Celta pada pekan lalu mengumumkan bahwa Eduardo Berizzo mengundurkan diri setelah tiga musim sukses melatih klub tersebut sejak menggantikan Luis Enrique.

Berizzo diprediksi akan menjadi pelatih baru Sevilla setelah Jorge Sampaoli ditunjuk sebagai pelatih Argentina, demikian AFP.

(Baca: Berizzo tinggalkan bangku pelatih Celta usai hadapi Sociedad)

Penerjemah: Alviansyah P
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017