Jakarta (ANTARA News) - Angelina Jolie buka-bukaan soal mendiang ibunya, aktris Prancis-AS Marcheline Bertrand, dalam wawancara dengan Elle Prancis.

Jolie (41) bicara tentang caranya mengasuh enam anak yang terinspirasi dari bagaimana Bertrand mendidiknya sebelum dia meninggal akibat kanker pada Januari 2007 di usia 56 tahun.

"Dia pasti akan jadi nenek yang mendidik," kata Jole ketika ditanya apa yang dia katakan pada anaknya mengenai Bertrand.

Jolie memiliki enam anak bersama Brad Pitt, yakni Maddox (15), Pax (13), Zahara (12), Shiloh (10), dan si kembar Vivienne dan Knox (8).

Nilai yang diterapkan Bertrand mengalir dalam hidup putrinya juga cucunya.

"Saya tahu betul dia pasti akan berkontribusi untuk hidup mereka dan saya sedih mereka tidak bisa merasakannya," kata Jolie seperti dilansir People.

"Saya akan berikan apa saja asal dia ada denganku sekarang. Saya membutuhkan ibu saya. Saya sering berandai-andai berbicara dengannya dan mencoba berpikir apa yang akan dia katakan dan bagaimana dia akan memandu saya." Bertrand membesarkan Jolie dan saudaranya Haven sendirian setelah bercerai dengan ayah mereka, aktor peraih Oscar Jon Voight, ketika Jolie masih balita.

"Ini adalah hadiah dan tanggung jawab terbesar," kata Jolie sebagai ibu dari enam orang.

"Artinya kau harus hidup berdasarkan nilai yang kau anut dan mencoba jadi contoh bagi anak-anakmu." Jolie sebelumnya mengungkapkan bagaimana caranya menjaga kenangan ibunya tetap hidup, termasuk keputusannya jadi model dari parfum baru dari Guerlain, parfum favorit ibunya.

"Tapi satu-satunya cara yang saya tahu untuk membesarkan mereka adalah dengan benar-benar mendengarkan. Itu adalah hal paling penting yang bisa orangtua lakukan. Mereka adalah anak-anak tangguh tapi mereka tetap anak-anak, butuh bantuan untuk memahami hal sulit dan butuh apa yang kita semua butuhkan, perlindungan dan cinta."


Baca juga: (Angelina Jolie kunjungi Istana Buckingham bersama anak)

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017