Semarang (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengimbau umat Islam di provinsi setempat untuk meningkatkan toleransi dan kerukunan sesama umat maupun antarumat beragama, terutama saat Ramadhan.

"Saat Ramadhan ini, umat Islam dituntut untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dengan berpuasa," katanya di Semarang, Senin.

Heru menjelaskan bahwa Islam adalah agama yang membawa kedamaian dan kenyamanan di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang heterogen.

Menurut dia, adanya berbagai macam konflik yang terjadi dalam kehidupan sosial kemasyarakatan akhir-akhir ini, harus dimaknai sebagai pertanda agar umat Islam di Indonesia, khususnya di Provinsi Jateng, senantiasa meningkatkan toleransi, demi menjaga kesejukan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kita diingatkan bagaimana hidup yang baik, hidup bersama yang toleran satu dengan yang lain," ujar mantan Bupati Purbalingga itu.

Heru berharap dengan meningkatkan kerukunan dan toleransi, masyarakat menjadi tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang menyesatkan serta dapat memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa yang telah terjalin selama ini.

Kendati demikian, masyarakat juga diharapkan mampu menyaring informasi-informasi yang ada di media sosial, apakah benar atau tidak benar.

"Jangan sampai masyarakat ikut menyebarkan hoax dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Pewarta: Wisnu Adhi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017