Barcelona (ANTARA News) - Barcelona, Senin waktu setempat (29/5), telah menunjuk Ernesto Valverde, mantan pelatih Athletic Bilbao, sebagai juru taktik baru menggantikan Luis Enrique.

Valverde yang yang diikat kontrak selama dua tahun oleh Barcelona memiliki sejumlah tugas utama antara lain mempertahankan Lionel Messi serta menemukan bakat-bakat baru dari akademi La Masia.

Selain itu, Valverde tentunya harus meracik taktik yang pas guna mengoptimalkan potensi trio penyerang Luis Suares, Lionel Messi dan Neymar serta menemukan gelandang tengah sehebat Xavi Hernandez yang belum ditemukan Luis Enrique selama menjabat.

Berikut empat tugas pertama Ernesto Valverde dalam menukangi barcelona dilansir dari Skysports:

Menentukan gaya bermain
Valverde harus memilih apakah menggunakan taktik umpan langsung yang dilakukan pelatih pendahulunya atau menerapkan strategi menekan dari lini tengah.

Semasa dilatih Luis Enrique, Barcelona memainkan bola secara langsung dengan cepat kepada Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar. Hal itu memang membawa kesuksesan besar, namun tidak sesuai dengan tradisi Barcelona yang memainkan umpan pendek dari kaki ke kaki melalui lini tengah.

Agar klub bisa kembali ke akarnya, Valverde perlu memperkuat pilihannya di lini tengah karena beban yang ditanggung Sergio Busquets sebagai gelandang tengah terlalu berat. Prioritas Valverde adalah menemukan pemain yang punya kapasitas seperti Xavi Hernandez.

Meyakinkan Messi
Valverde harus meyakinkan Messi bahwa dia adalah orang yang tepat untuk membawa klub ke depan.

Kontrak Messi akan berakhir pada akhir musim depan, sejumlah klub Liga Inggris pun dikabarkan tertarik mendatangkan Messi. Untuk itu Valverde harus bisa meyakinkan Messi bahwa ia bisa memenuhi ambisi pesepakbola 29 tahun itu di masa mendatang.

Pertahanan
Pertahanan Barcelona rapuh pada musim terakhir era kepelatihan Luis Enrique. Barcelona cuma melalui dua laga tanpa kebobolan dalam 11 pertandingan terakhir. Mereka juga menderita kekalahan besar dari Paris Saint-Germain, Manchester City dan Celta Vigo.

Samuel Umtiti memang punya potensi yang bagus saat diduetkan dengan Gerard Pique, namun permainan Jeremy Mathieu dan Javier Mascherano diragukan. Valverde harus memikirkan rencana merekrut beberapa pemain berposisi bek tengah pada bursa transfer musim panas ini.

Valverde juga harus menemukan bek sayap kanan yang kuat dalam bertahan juga menyerang karena penampilan Sergi Roberto dan Aleix Vidal tidak sepadan dengan performa Dani Alves yang meninggalkan Barcelona namun menjadi pemain penting di Juventus.

La Masia
La Masia adalah akademi sepak bola paling terkenal di dunia namun potensinya kurang dioptimalkan dalam beberapa tahun terakhir. Sejak Guardiola membangun tim Barcelona yang didominasi pemain muda, saat ini hanya Sergi Roberto sebagai satu-satunya pemain yang bertahan di tim utama.

Tugas Valverde adalah melihat kebutuhan klub, apakah merekrut pemain dari luar ataukan menyeleksi pemain potensial dari La Masia untuk regenerasi Barcelona di masa depan, demikian Skysports.


Baca juga: (Ernesto Valverde, pelatih baru Barcelona)

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017