Jakarta (ANTARA News) - Memasuki momentum Ramadhan tahun ini, Tiket.com mencatat tren baru dalam total pengguna aplikasi mobile-nya. Mayoritas customer Tiket.com mulai beralih menggunakan aplikasi mobile dalam mengakses Tiket.com.

Hal ini terlihat dari meningkatnya total unduhan harian aplikasi Tiket.com yang mencapai lebih dari 13.000 unduhan per hari.

"Pencapaian terbaru penggunaan apps yang meningkat tajam. Kami melihatnya tahun ini tahunnya apps," kata Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Communication Officer Tiket.com, dalam temu media di Jakarta, Selasa.

"Tahun lalu dari tadinya 11 persen naik 30 persen. Kemarin kami mengadakan promo 60 persen transaksi dari apps, growing 15.000-an unduhan. Secara jumlah tahun ini besar sekali," sambung dia.

Gaery mengatakan jumlah pengguna Tiket.com meningkat hingga 75 persen saat memasuki momen penjualan tiket lebaran tahun ini.

Jika dibandingkan dengan momen lebaran tahun lalu, jumlah total pengguna Tiket.com pada lebaran tahun ini mengalami peningkatan mencapai 80 persen.

"Periode lebaran tahun ini naiknya signifikan beda jauh dengan tahun lalu," ujar Gaery.

Menurut Gaery, 90 persen tiket kereta api telah habis terjual di mana puncak penjualan tiket kereta api H-3 sebelum lebaran dengan rute populer Gambir-Bandung, dan tujuan Semarang dan Yogyakarta.

Untuk tiket pesawat, Gaery mengatakan bahwa Surabaya, Denpasar, Semarang dan Medan menjadi rute penerbangan favorit.

Gaery memprediksi penjualan tiket mudik akan melonjak 50 persen di minggu kedua Ramadan.

"Minggu pertama santai karena orang baru mulai puasa. Minggu depan mulai naik, minggu ketiga dan keempat apalagi. Karena mungkin orang menunggu THR," ujar Gaery.

Optimalisasi via aplikasi

Ke depannya, Gaery mengatakan Tiket.com akan mendorong pemesanan melalui aplikasi. "Itu tren dari milineal dan general. Kami investasi banyak di apps," kata dia.

Saat ini, Gaery mengatakan, pengguna Tiket.com 60 persen berasal dari mobile apps. Aplikasi juga berkontribusi besar dalam transaksi di Tiket.com.

"Dari segi trafik, mobile (gabungan apps dan browser) sampai 70 persen," kata Gaery.

"Tahun ini konversi transaksi di apps lebih tinggi. Orang lebih banyak bertransaksi di apps, sementara di browser hanya untuk mengecek harga," lanjut dia.

Penggunaan aplikasi dirasa Gaery lebih menguntungkan bagi Tiket.com dari segi menjalin hubungan dengan pelanggan.

"Dengan aplikasi kami bisa menjangkau pelanggan lebih mudah, seperti adanya notifikasi. Ke depannya akan ada promo lebih banyak di apps. Pengguna apps akan mendapat benefit lebih," ujar Gaery.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017