Bandung (ANTARA News) - PKPU Human Initiative (HI) sebuah lembaga kemanusiaan memberikan 10 unit rumah baru bagi korban banjir bandang Sungai Cimanuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Rumah bantuan tersebut diserahterimakan langsung dari Presiden PKPU HI Agung Notowiguno kepada Bupati Garut Rudy Gunawan di komplek perumahan Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, Rabu.

"PKPU Human Initiative sebagai lembaga kemanusiaan telah berupaya aktif dalam respon bencana sejak hari pertama terjadinya banjir tersebut," kata Presiden PKPU HI Agung Notowiguno.

Ia menuturkan, banjir bandang yang terjadi di Garut 20 September 2016 menyisakan kerugian yang tidak sedikit bagi para korban terdampak.

Usai memasuki pemulihan bencana banjir, kata dia, PKPU HI bersama Pemerintah Kabupaten Garut berkomitmen untuk membangun kembali rumah warga yang terdampak.

"Rumah ini direalisasikan kerjasama dengan semua pihak, ini rumah yang biasa tapi direalisasikan dengan luar biasa," kata Agung.

Ia mengungkapkan, PKPU hanya berperan sebagai jembatan dari pihak dermawan atau donatur kemudian disalurkan untuk pembangunan rumah dan masjid di Garut.

"Kami hanya bagian menjadi salah satu jembatan, sebagai lembaga kemanusiaan, yang selanjutnya oleh pemerintah daerah diberikan kepada korban banjir," katanya.

Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan, PKPU merupakan lembaga yang merespon usulan Pemerintah Kabupaten Garut yang menginginkan bantuan pembangunan rumah bagi korban banjir Sungai Cimanuk.

Rumah yang telah dibangunnya itu, kata dia, rencananya akan diberikan kepada korban banjir di kawasan asrama TNI Kampung Paris yang terdampak besar bencana itu.

"Ini (bantuan rumah) kita tempatkan bagi korban sekitar asrama yang ada di Lapang Paris yang menjadi purna, karena dulu juga menempati rumah yang tidak layak, pakai bilik," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017