Bandung, 1 Juni 1952 (Antara) - Idjazah "insinjur kimia" pertama jang didapat di Indonesia dari Fakultet Ilmu Tehnik Bandung, dalam sebuah upatjara digedung Fakultet tersebut kemarin telah diserahkan kepada Kho Kiem Tjiang.

Dengan demikian, maka Universitet R.I. telah melepaskan ahli kimia jang pertama. Kho Kiem Tjiang adalah warga-negara Indonesia kelahiran Blora. Ia menempuh ilmu kimia itu seluruhnja di Indonesia.

Menurut keterangan dari pihak Fakultet Ilmu Tehnik, bagian Kimia Fakultet tersebut telah diadakan sedjak tahun 1940. Tapi karena pendudukan Djepang, maka hasil2 pertama dari bagian itu sia2 belaka.

Seachir perang dunia II bagian Kimia dari Fakultet Ilmu Tehnik itu diadakan lagi, sehingga dalam tahun ini djuga, selain dari pada Ir. Kho Kiem Thiang, beberapa mahasiswa akan menjusul mendapatkan gelar "insinjur kimia".

Direntjanakan, supaja mahasiswa2 jang tidak sampai berhasil mendapat gelar itu diberi gelar "bachelor".

Dapat dikabarkan, bahwa djuga pada Fakultet Ilmu Alam dan Ilmu Pasti ada bagian Kimia-nja. Dalam tahun depan bisa diharapkan ada mahasiswa jang akan mendjadi doctorandus kimia keluaran Fakultet ini.

Djumlah mahasiswa jang menuntut ilmu kimia pada Fakultet Ilmu Tehnik dan Fakultet Ilmu Alam/Pasti di Bandung adalah 450 orang.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017