Kamis, 19 Oktober 2017

Harga cabai di Jambi anjlok

| 29.413 Views
Harga cabai di Jambi anjlok
"...Petani takut cabainya busuk, jadi dijual murah"
Jambi (ANTARANews) -  Harga cabai di  sejumlah pasar tradisional di Jambi anjlok, menjadi rata-rata Rp10 ribu per kilogram karena pasokan  melimpah.

Berdasarkan laporan hasil monitoring harga rata-rata kebutuhan pokok di tiga pasar tradisional terbesar di Jambi oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Provinsi Jambi, Jumat, harga cabai mengalami penurunan sejak Kamis (1/6) kemarin.

"Harga anjlok karena pasokan cabai ke tiga pasar yakni Angsoduo, Talang Banjar dan Simpang Pulai melimpah sehingga pedagang menurunkan harga," kata Pelaksana Tugas Kepala Disperindag Provinsi Jambi, Edi Sungkono.

Ia menjelaskan harga cabai merah besar di Pasar Angsoduo sebesar Rp10 ribu per kilogram. Bahkan sehari sebelumnya hanya diharga Rp6.000  per kilogram dan itu menjadi harga terendah.

Cabai merah keriting di Pasar Angsoduo juga anjlok atau hanya Rp12 ribu per kilogram. Begitu juga cabai rawit yang harga sebelumnya Rp15 ribu menjadi Rp12 ribu per kilogram.

Sedangkan di Pasar Tradisional  Simpang Pulai cabai, harga merah besar di harga Rp12 ribu per kilogram, cabai merah keriting Rp14 ribu per kilogram, dan cabai rawit hijau Rp15 ribu per kilogram

Kemudian di Pasar Tradisional Talang Banjar, hara  cabai merah besar  Rp12 ribu, cabai merah keriting Rp14 ribu dan cabai rawit hijau Rp15 ribu per kilogram.

"Bukan hanya cabai,  harga  bawang putih di tiga pasar terbesar di Jambi itu juga mengalami penurunan dari Rp44 ribu menjadi Rp42 ribu per kilogram, karena pasokan bertambah," kata Edi.

Murahnya harga cabai dalam beberapa hari belakangan ini membuat warga Kota Jambi berbondong-bondong ke pasar untuk membeli cabai merah dalam jumlah banyak.

Mayoritas ibu rumah tangga yang datang berbelanja di Pasar Angsoduo membeli cabai merah hingga tiga kilo per orang.

"Subuh-subuh tadi saya sudah pergi ke pasar untuk membeli cabai merah dan cabai rawit selagi harganya murah," kata salah satu warga Kota Jambi, Heni.

Salah satu pedagang cabai, Ijan, mengatakan harga cabai anjlok karena petani cabai sedang memasuki musim panen, akibatnya pasokan ke pasar-pasar melimpah.

"Saat ini memang karena musim panen, pasokan jadi melimpah harganya pun jadi murah. Petani takut cabainya busuk, jadi dijual murah," kata Ijan.




Editor: Risbiani Fardaniah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga