Gorontalo (ANTARA News) - Tiga kecamatan di Kabupaten Bone Bolango yaitu Bulango Utara, Bulango Ulu dan Suwawa Tengah, Provinsi Gorontalo, terendam banjir dengan ketinggian air mencapai dua meter.

Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Bone Bolango Gagarin Hunawa mengatakan dari tiga kecamatan tersebut, yang mengalami kondisi terparah yaitu lima desa di Kecamatan Bulango Utara.

"Saat ini kami sementara fokus pada penyaluran bantuan di Kecamatan Bulango Utara, karena wilayah itu paling parah. Lima desa yang terendam adalah Desa Tupa, Tuloa, Kopi, Boidu dan Suka Damai," katanya di Gorontalo, Jumat.

Pihaknya telah mengungsikan warga Bulango Utara dan mendirikan posko dan dapur umum di Sanggar Tani Desa Boidu.

Menurutnya, jumlah pengungsi yang terdata sekitar 266 keluarga asal  Desa Tupa dan Boidu.

"Untuk saat ini kami sudah siapkan makanan siap saji, sementara jumlah pengungsi dari desa lainya sementara dalam tahap pendataan," jelasnya.

Ia menambahkan untuk Kecamatan Suwawa Tengah dan Bulango Ulu sendiri, hanya ada beberapa rumah yang terendam namun kondisinya tidak terlalu parah.

Meski demikian, pihaknya sudah menurunkan personil untuk melakukan pendataan.

Saat ini, kata dia, Bupati serta Wakil Bupati Bone Bolango turun langsung untuk mengecek kondisi korban banjir yang ada di pengungsian.

Pewarta: Debby Mano
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017