Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim nasional U-19 Indra Sjafri mengatakan pertandingan melawan timnas U-19 Republik Ceko di Turnamen Toulon 2017, Prancis, bagus untuk tim asuhannya.

Menurut Indra, laga yang berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Ceko itu memberikan pengalaman bertanding berharga bagi timnas U-19 yang usai Turnamen Toulon akan menjajal kompetisi Piala U-18 AFF dan kualifikasi Piala U-19 2018 Asia.

"Kami harus memperbanyak pertandingan dengan lawan-lawan yang levelnya di atas agar cara bermain timnas U-19 semakin teruji," kata Indra dikutip dari tim media Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Jakarta, Minggu.

Dia melanjutkan, Ceko pantas menang dari Indonesia karena memiliki fisik yang lebih kuat dan bisa memanfaatkan dua peluang dari kesalahan Garuda muda.

Memang pada laga yang digelar di Stadion Parsemain itu, dua gol Ceko masing-masing melalui Roman Kasiar di menit ke-13 dan Ondreij Sasinka (78) terjadi karena bola pantulan dari tendangan pemain Indonesia yang sukses dicuri pemain Ceko.

"Namun kami pun berhasil membuat beberapa peluang, meski tidak bisa mencetak gol," tutur Indra.

Kekalahan dari Ceko membuat peluang Indonesia untuk lolos dari Grup C Turnamen Toulon 2017 praktis tertutup. Pasalnya, Indonesia dipastikan tidak bisa menjadi peringkat dua terbaik dari tiga grup yang bisa mendampingi tiga juara grup ke semifinal.

Di Grup C sendiri, dari pertandingan terkini, timnas U-20 Skotlandia berhasil menaklukkan skuat U-20 Brazil dengan skor 1-0.

Hasil itu membuat Ceko bertengger di puncak klasemen sementara dengan enam poin dari dua laga, disusul Skotlandia dan Brazil yang sama-sama berpoin tiga tetapi berbeda selisih gol, lalu terakhir Indonesia dengan nol poin.

Namun, meski di atas kertas sudah tidak berpengaruh lagi pada kelolosan Indonesia ke semifinal, para pemain timnas U-19 bertekad menampilkan permainan maksimal di partai terakhir versus Skotlandia pada Selasa (6/6) pukul 22.00 WIB.

"Kami fokus lawan Skotlandia, tetap semangat dan berjuang di laga itu agar bisa meraih hasil yang lebih baik dari sebelumnya," kata penyerang timnas U-19 Egy Maulana Vikri.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017