Jakarta (ANTARA News) - Mantan gelandang Chelsea, Claude Makelele, meminta agar tidak membandingkannya dengan N'Golo Kante yang kini menjadi salah satu pemain kunci The Blues.

Kante menjadi pemain paling gemilang dalam dua musim terakhir di Liga Inggris. Pria 26 tahun kelahiran Paris itu membawa Leicester City dan Chelsea meraih gelar Liga Utama Inggris dan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik versi pesepakbola dan jurnalis pada tahun ini.

Penampilan cemerlang Kante membuat sejumlah pihak membandingkannya dengan Makelele yang sama-sama berposisi gelandang bertahan serta memperkuat Timnas Prancis dan Chelsea.

Makelele pun menolak dibandingkan dengan Kante, menurutnya pemain 26 tahun itu belum mencapai penampilan puncaknya karena belum berlaga di Liga Champions.

"Saat ini Kante spesial dan salah satu gelandang terbaik. Masalahnya, saya bermain 25 tahun untuk sepak bola pada level ini dan perbandingan itu dilakukan dengan cara yang buruk," kata Makelele kepada Reuters, Sabtu.

"Musim ini dia tidak bermain di Liga Champions. Setiap empat hari akan ada pertandingan, bersama tim nasional juga ada pertandingan, akan ada banyak laga, dia perlu mendapatkan pengalaman itu," katanya.

"Ketika dia ada di level itu, dia tidak akan berlari 90 menit setiap saat, dia perlu mengikuti irama, cara dia bermain akan menjadi kunci baginya, saya harap ini akan terbiasa. Saya harap dia lebih baik daripada yang saya lakukan dalam karir saya," pungkas Makelele.

Makelele menghabiskan lima tahun bersama Chelsea pada 2003 hingga 2008 dengan  memenangkan dua gelar Premier League, dua Piala Liga dan Piala FA.

Penerjemah: Alviansyah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017